AGAR CIBLEK BISA NGEBREN RAPAT (NGUNCI)

damai-9. Kebanggan dan kesenangan tersendiri apabila burung Ciblek yang kita miliki memeiliki kemampuan suara rapat dan dengan istilah ngebren yang rapat atau sering disebut dengan kata-katan “ngunci”.

Bagi pemain ciblek senior yang sudah dibilang pakar, mungkin untuk mensetting hal tersebut tidaklah terlalu susah, namun bagi pemula merupakan hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan langkah2 yang terkadang membutuhkan experimen2 tertentu sehingga bisa menghasilkan ciblke bisa ngebren.

Ada beberapa informasi yang didapat dari seorang kawan, bagaimana cara membuat agar ciblek bisa ngeberen rapat dan ngunci.

Langkah-langkah yang dilakukan diantaranya adalah:

1.   Yang pasti, perawatan burung harus sesuai dengan prosedur perawatan yang tepat. sebagaima yang banyak telah diinformasikan di beberapa website, sejak perawatan dari pagi hari hingga menjelang malam hari bahkan pada malam hari sekalipun, seperti proses penjemuran, memandikan burung ataupun tersedianya cepuk untuk mandi burjng, kebersihan kandang, pergantian air minum, pemberian pakan serta ef yang sesuai dan pas tentunya. Jika sudah sesuai Insya Allah berhasil.

2.    Faktor usia burung juga sangat menentukan, terutama bagi sebagian burung ciblek yang sudah berusia yang ditandai dengan kaki yang sudah kering atau para ciblek mania menyebut dengan istilah “ndeker”, dengan usia dewasa, akan lebih mudah untuk proses ngebren tentunya usia dewasa bukan hasil dari tangkapan hutan tetapi usia dewasa karena memang rawatan sejak dari usia masih muda, karena kondisinya pun biasanya lebih jinak, sehingga mudah untuk proses sesuai yang diharapkan, sedangkan pada usia muda biasanya ciblek belum sepenuhnya stabil untuk tingkat kegacorannya yang bisa dikategorikan ngebren ngunci.

3.    Ada juga yang berpendapat, agar ciblek bisa cepet ngebren ngunci dengan cara sering diperdengarkan suara2 tembakan suara sesama ciblek yang sudah rajin dan ngebren sehingga bisa memancing proses ngebrennya.

4.   Hal yang juga tidak kalah penting yang biasanya jarang dilakukan terhadap ciblek adalah dengan melakukan proses “umbar”, kita sering mendengar biasanya proses umbar hanya dilakukan terhadap burung2 burung skala besar saja seperti murai batu, kacer, cucak ijo, pentet dan burung ukuran besar lainnya, namun demikian proses umbar sangat bermanfaat juga buat ciblek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar