Beli Pada Sore Hari, Strategi Beli Ciblek Bahan Bisa Hidup

damai-9. Pengalaman pribadi. Postingan pertama di awal tahun 2021 ini, semoga membawa manfaat. Sebelumnya saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2021, Semoga  di tahun ini kita semua diberikan kesehatan, panjang umur, sehat wal ‘afiat, dilancarkan segala urusannya, dimudahkan dan dimurahkan rejekinya oleh Allah Subhanahu Wata’ala.  Aamiin…

Sekitar 2 atau tiga tahunan yang lalu pernah dalam sebulan hampir 2 sampai 3 kali beli burung ciblek bahan, 2 sampai tiga ekor, namun hanya sesekali saja yang sempat berhasil hidup hingga mau makan voer dan sempat bunyi rajin, namun selebihnya kebanyakan tidak berhasil bertahan hidup, namun demikian sampai dengan berhasil sekitar setahun lalu bahkan hingga ternak ciblek dan berhasil sebagaimana Artikel ini : Berhasil Ternak Ciblek, saya tidak “kapok” untuk tetap membeli bahan ciblek hingga berhasil karena penasaran kenapa kadang hidup dan kenapa juga banyak yang mati dan mengapa demikian ?

Fokus pada yang bisa bertahan hidup, mulai sejak dari proses pembeliannya, pemilihan burungnya, cara pegang burung, kondisi burung, waktu saat beli burung dan juga lainnya. Setelah ada keputusan dan penafsiran yang mungkin masuk akal yaitu terkait dengan waktu beli, yaitu pagi, siang atau sore hari, karena setiap burung ciblek bahan yang saya beli pada waktu sore hari sepulang kerja, alhamdulillah kebanyakan dan bisa dibilang 85% berhasil hidup. Apa alasannya ? berikut jawabannya:

Secara logika, ketika kita beli burung cilbek bahan pada sore hari, sesampai di rumah langsung kita masukkan ke dalam kandang yang sudah kita siapin makanannya, ef berupa jangkrik dan kroto, sediakan air minum, trus krodong full, biarkan burung istrirahat dan kemudian kita biarkan lampu ruangan tetapi kita berikan yang remang-remang saja tidak perlu yang terlalu terang, karena terkadang ciblek pada malam hari juga nyari makan dan pada malam itu burung terbagun dalam kondisi tenang biasanya burung akan merasakan lapar, dengan lampu masih menyala burung bisa makan dengan makanan yang tersedia sehingga burung yang tadinya masih kurang fit menjadi segar bugar dengan cukup istirahat dan makan yang cukup. Dengan demikian insya Allah akan lebih banyak berhasilnya jika dibandingkan dengan burung ciblek bahan yang kita beli pada waktu pagi atau siang hari.

Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba, apabila belum berhasilkemungkinan besar adalah faktor lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar