Agar Tanaman Anggur Bisa Berbuah Lebat dan Bermanfaat Sebagai Penyejuk Halaman Rumah

d
amai-9.com - 
Untuk kali ini Admin mencoba sedikit expansi atas Blog Damai-9.com atau Blog Hobi & Si Petani dengan postingan terkait dengan agro atau tanaman. Namun demikian masih tetap ada kaitannya erat dengan manfaat yang bisa diambil yaitu untuk proses penjemuran burung.    

Bermula dari posisi rumah sebelumnya yang menghadap ke arah barat, bahkan lantai kedua untuk yang rumah sebelumnya pun juga terasnya menghadap ke arah barat sehingga tidak bisa mendapatkan sinar matahari pagi. Kemudian ada ide untuk mencoba membuat tingkat rumah bagian sebelah yang dibuat kamar dan mencoba dengan posisi menghadap ke arah timur dengan harapan pada pagi hari bisa mendapatkan sinar matahari. 

Setelah bangunan kamar jadi dengan kondisi depan kamar lantai 2 hanya ngeblong saja dan memang dibuat tidak di dalam ruangan rumah, kamar langsung akses pandangan ke arah jalan raya dan terbuka dari lantai 2 dan roof top, sehingga memang jika pada siang hari terasa sangat panas, karena pada awalnya sengaja tidak dibuat atap teras yang dikarenakan ada terget untuk pembuatan palangan-palangan yang tujuan awalnya adalah diperuntukkan untuk menjemur burung pada pagi hari.

Seiring berjalannya waktu, sebagaimana yang diutarakan di atas yang sangat panas jika kondisi pada siang hari, sehingga berubah ide dengan cara mencoba diberikan tanaman yang bisa membuat kondisi depan kamar tersebut tidak terlalu panas. 

Banyak ide yang muncul kira2 jenis tanaman apa yang sesuai untuk di tanam dipalang-palangan tersebut dengan asumsi yang penting bisa membuat adem halaman tersebut, namun demikian ternyata ada manfaat lain dari pada hanya sekedar bermafaat adem dan bisa membuat burung menjadi lebih nyaman dan segar di sekitar tanaman tersebutr, tetapi akan lebih bermanfaat lagi jika ditanami tanaman yang tidak hanya bermanfaat membuat dingin dan sejuk dibawahnya namun bisa juga memberikan hasil yang lain, seperti bisa menghasilkan buah-buahan, sayuran dan lain sebagainya, maka dengan sepontan dipilihlah tanaman anggur yang alhamdulillah hingga pada saat artikel  ini kami posting, tanaman anggur sudah berbuah dengan jumlah tagkle yang terpantau ada sekitar 38 - 40 tangkle dan sudah berbentuk anggur kecil2, semoga menjadi buah hingga matang.

Artinya, dengan artikel yang kami posting ini bisa jadi inspirasi kita semua agar ketika membuat sesuatu yang semula bermanfaat hanya untuk 1 atau 2 hal namun apabila bisa untuk bermanfaat lebih dari 2 hal, 3 atau hal lebih yang bisa dimanfaatkan atas lahan yang ada, kenapa tidak dilakukan. Jadi, sebenarnya bisa-bisanya kita saja bagaimana cara memanfaatkan lahan dan ruangan dengan kondisi yang ada.

Dan berikut sekedar video amatiran dengan kondisi anggur yang sudah berbunga, dengan umur sekitar 5-6 bulan.         
     


Demikian dan semoga bermanfaat. salam damai-9.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar