PERBEDAAN BURUNG KACER JAWA TIMUR DAN JAWA BARAT

damai9 – Para kicau mania pastilah sudah faham dan tahu perbedaan antara Burung Kacer asal Jawa Timur dan sekitarnya (KACER JATIM)  dan Burung Kacer Bogor dan sekitarnya yang lebih sering orang menyebutnya (KACER JABAR). Perbedaan yang paling terlihat jelas adalah untuk Kacer Jatim, warna hitam pada seluruh bagian dada burung berbeda dengan Kacer Jabar yang hanya sebgian dada saja, selebihnya separuh dari warna hitam adalah berwarna putih hingga ekor.

Perbedaan saat tanding atau diadu, kebanyakan pakar kicau mania berpendapat sekalipun Kacer Jatim suaranya lebih keras jika dibandingkan dengan Kacer Jabar namun ketika ditandingkan seklipun suaranya tidak terlalu keras dan nyaring, terkadang Kacer Jabar lebih mendominasi dan Kacer Jatim akan ngedrop.

Yang perlu dicermati adalah, apakah semua anggapan itu benar 100%?, jawabannya adalah semuanya kembali pada kita, kita akan tahu dan faham kualitas Kacer yang kita miliki, dari segi perawatan, mulai dari makanannya, air minumnya, vitaminnya, mandi dan juga jemurnya, dan juga perawatan yang lain, termasuk EF-nya, apakah sudah sesuai ? jika dengan kedua Kacer yang kita miliki (Jatim dan Jabar) dengan perawatan yang sama, usia yang sama dengan kualitas yang sama pula, maka tidak menutup kemungkinan tidak akan berbeda jauh jika sandingkan. Memang sih lebih sering kita lihat dan juga banyak pendapat biasanya yang lebih mendominasi adalah kacer jabar.
Semoga bermanfaat
Salam damai9


Perlu diingat: “Faktor usia berpengaruh pada rajin atau belumnya burung berkicau, semakin dewasa usia burung, seharusnya semakin rajin berkicau (gacor)"
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...