OPIOR JAWA ATAU CUCAK GENTONG BISA DISEBUT "ROBIN JAWA", BURUNG KECIL BERSUARA KENCANG

damaiPada artikel yang pernah dimuat perihal pertanyaan kepada diri sendiri nama burung yang pada waktu itu belum tahu namanya, dan ternyata setelah mencari-cari ternayata burung tersebut adalah Opior Jawa (Robin jawa), atau banyak orang kenal dengan Cucak Gentong (CG).

Saat ini CG sangat banyak kita temukan di pasar-pasar burung di Jakarta, seprti di pasar Kebayoran Baru, Pasar Burung Pramuka, Pasar Burung Ciledug dan beberapa pasar burung lain di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Opior Jawa (Robin Jawa) atau Cucak Gentong termasuk burung koloni sebagaimana saudaranya yang labih tenar terlebih dahulu yaitu burung pleci atau kaca mata, suara CG ngeplong lumayan juga untuk dijadikan tambahan koleksi burung di rumah sekaligus sebagai burung masteran untuk kacer, cucak ijo, kaca mata, Jalak Suren dan lain-lain. Pengalaman terjadi pada burung kacer milik sendiri yang pernah termaster oleh burung tersebut. Saat itu kondisi Kacer sedang mabung, dan setelah selesai mabung ternyata ketika sempat mulai rajin lagi berkicau pasca mabung terdengar suara Cucak Gentong ngeplong yang lumayan unik yang diteriakkan oleh Kacer.

Terlepas sebagai burung masteran, sebenarnya sebagai burung rawatan sendiri juga lumayan apalagi jika sudah jinak tangan, karena sebagaimana burung pleci burung Cucak Gentong atau Robin Jawa ini pun bisa jinak tangan sebagaimana burung-burung lain seperti pleci apabila kita rawat dalam jangka waktu lama dan dengan rawatan yang sabar dan penuh dengan rasa sayang.
  
Perawatan burung Opior Jawa (Robin Jawa) atau Cucak Gentong

Karena termasuk burung pemakan buah, burung ini sangat suka dengan buah pisang terutama piosang kapok, bisa juga dengan papaya, melon dan juga diselingi dengan ulat hongkong cukup 5 ekor 3 hari sekali, demikian juga kroto cukup 1 sendok teh setiap 3 hari sekali, dan juga dengan voer malau kasar. Disertai dengan perawatan lainnya seperti memandikan, menjemur, membersihkan kandang, dan lebih lagi sediakan cepuk ukuran lumayan besar karena Cucak Gentong termasuk burung yang sukan mandi.

Dengan harga yang sangat relative murah antara 25 ribu – 40 ribu dan apabila sudah jadi, rajin dan gacor serta jinak bisa berharga hingga Rp 200 ribu, karena pernah ada kawan yang menjual seharga tersebut.

Artikel Terkait Lainnya:

Demikian share pengalaman dan semoga bermanfaat
Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...