JENIS-JENIS BURUNG PLECI / KACAMATA YANG SERING DILOMBAKAN

Jika pada kesempatan sebelumnya kami pernah memuat artikel tentang pleci yang memang terkadang sangat tidak terduga harganya dan terkadang bisa menjadikan rejeki lebih bagi pemiliknya… heheh, yang kisahnya bisa juga dibaca disini.

Atau barangkali berminat bisa baca Pleci Pembawa Untung 

Beberapa jenis Pleci yang sedang boom saat ini diantara :

1. Pleci Muria Mata Putih

Tidak asing lagi bagi para pecinta pleci (pleci mania) untuk saat ini pasti sudah faham dengan jenis pleci yang satu ini, dengan suara yang keras, bening, kristal nan mantab, pawakan gagah dan menantang sehingga wajar saja jika pleci ini untuk saat ini banyak dicari para kicau mania untuk berusaha memilikinya, dan memang sudah banyak diceritakan di berbagai media dalam beberapa perlombaan pleci yang berasal dari pegunungan Muria (Kudus) inilah yang sering menjadi juaranya.


Barangkali anda berminat baca : Video Pleci Juara 1 Isian Kenari, Mantab !

Jika selama ini pleci yang paling terkenal adala jenis Pleci Muria yang memang memiliki suara yang dijamin mantab dan memiliki daya tarung yang sangat tangguh sehingga sangat wajar jika pleci jenis ini dengan kondisi yang sudah rajin sekalipun usia belum mapan banget harganya sudah dibandrol 1 jutaan keatas.

2. Pleci Buxtoni

Pleci jenis ini memiliki suara yang nyaring dan melengking, kristal, hampir sama seperti pleci dada kuning. Ukurannya juga hampir sama dan cenderung bulat.



3.     Pleci Kacial Bali / Lombok

Burung pleci jenis memiliki ukuran lebih besar dari ukuran jenis pleci lainnya, namun kelemahannya ocehannya terlalu monoton dan untuk menunggu hingga suaranya bisa ngeplong dan ngeriwik membutuhkan waktu yang lumayan lama dan butuh kesabaran   



4. Pleci Montanus

Pleci jenis ini memiliki suara kicauan yang kasar, dengan cirri fisik warna dada abu-abu dan punggungnya kuning kehijauan. Ukuran lebih besar dari pada pleci dada kuning..


5.     Pleci Laut

Pleci yang ini pada kondisi belum jinak dan jika ditempatkan di sekitar keramaian banyak orang sekalipun, tetap ngoceh dan tak gentar dengan kodinsi sekelilingnya. Dengan suara yang lumayan keras dan ngebas, mungkin pada masa mendatang bisa menjadi pleci andalan, namun pada saat ini belum banyak orang mengetahui akan kondis dan kualitas pelci ini sebagaiamana pleci jenis Muria bebera saat lalu. Dan pada saat ini sedang menjadi andalan.


6.     Pleci Black Capped/Cap

Suara pleci black capped terkesan lebih pelan dan tidak terdengar jika ditempatkan dalam forum koloni. Sesuai dengan namanya, pleci black capped memiliki ciri warna hitam sebagian kepalanya. Warna dadanya abu-abu dan punggungnya kuning kehijauan.



7.     Pleci Salvadori Enggano

Pleci jenis ini habitatnya di Pulau Sumatera dan memiliki suara kicauan yang keras dan lantang seperti pleci auriventer. Hanya saja ukurannya lebih besar dan bulat dengan iris mata berwarna coklat. Di kepalanya terdapat warna hitam tipis dan warna dadanya abu-abu gelap serta warna kuning tipis.

8.     Pleci Auriventer

Jenis Pleci ini memang memiliki harga yang cukup lumayan, suara kicauan yang mendayu-dayu dan ngebass sehingga tidak sedikit pula bagi sang pemiliknya sering burung ini diturunkan dalam beberapa kelas koloni ataupun dalam perlombaan.


9.     Pleci Dada Kuning Mata Coklat (Dakun Macok)

Pleci jenis ini banyak kita temui di berbagai pasar burung. Di Pulau Jawa, pleci ini dijual secara ombyokan jika kita mengunjungi pasar-pasar burung. Suaranya nyaring dan kristal dengan postur yang kecil dan matanya coklat. Bagian dada berwarna kuning dan punggungnya kuning kehijauan.


Dan yang pasti, mungkin masih ada burung Pleci jenis lainnya yang kita tidak tahu keberadaannya dan bagaimana kualitasnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...