CARA MEMBEDAKAN ANIS MERAH / ANIS BATA / PUNGLOR MERAH JANTAN DAN BETINA

Memang kurang sedap, kurang puas dan kecewa berat rasanya apabila kita memiliki burung yang pada saat beli baik di pedagang burung, beli di media sosial ataupun dari pemilik langsung tetapi si penjual ataupun pemiliknya sebelumnya tidak jujur dengan kondisi burung yang sebenarnya.

Ada pengalaman seseorang perihal burung Anis Merah ketika membeli ke pemiliknya langsung, si pemilik menjelaskan bahwa Anis Merah miliknya sudah teler, untuk membuktikan bahwa Anis miliknya tersebut teler diperlihatkanlah video pada saat telernya, namun karena faktor stress ataupun alasan lainnya kata si pemilik kalo Anis miliknya baru mandek beberapa minggu yang lalu dan segala macam alasan yang disampaikan.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah, benarkan Anis Merah yang dijual saat itu benar Anis Merah yang ada di video yang dia stel tersebut ataukah bukan ? caranya, perhatikan apakah kandang sama antara yang di video dengan yang ada sekarang, jika beda perlu dicurigai, kedua fisik dan warna burung, mirip atau tidak, kaki udah nyisik atau belum dan lain sebagainya.

Kenapa pemilik beralasan burung Anis Merahnya lagi mandeg bunyi ?, karena bisa jadi sebenarnya bukan burung jantan dan memang sebenarnya tidak bunyi, sementara yang diperlihakan di video memang burung yang mau dijual dan bisa jadi hanya video yang ambil dari internet. Untuk itu akan diberikan penjelasan sedikit tentang bagaimana cara membedakan Anis Merah Jantan dan Betina.

Kendati secara fisik Anis Merah yang sudah berumur sangat sulit dibedakan mana yang jantan dan betinanya namun ada beberapa patokan yang bisa di jadikan pedoman untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betinanya.

~ Warna merah Anis Merah / Anis Bata jantan lebih kontras dan jelas dibandingkan dengan betina yang agak sedikit kusam, begitu juga warna hitamnya untuk jantan lebih pekat sedangkan betina agak sedikit kusam. Namun perbedaan ini tidak bisa menjamin 100% keabsahannya.

~ Ada juga yang membedakan Anis Merah dengan cara meraba pada bagian supit pada kaki bagian paha untuk jantan lebih rapat jika dibandingkan betina yang lebih renggang dan lebih lentur.

~ Secara sifat Anis Merah jantan terlihat mengangkat-angkat kepala jika bertemu sesama jenis. Sedangkan betina tidak. Jika sedang birahi Anis Merah betina jika bertemu si jantan yang sedang berkicau  atau teler, maka dia akan menggetar-getarkan sayap dan mendongak sambil mengeluarkan suara kiciran.

Pendapat tentang perbedaan jantan dan betina di atas tidak sepenuhnya bisa dipastikan kebenarannya hanya saja sebagai gambaran, namun untuk kepastiannya menurut saran seorang kawan jika menginginkan Anis Merah mending yang sudah jadi saja dan yang pasti sudah terlihat secara langsung burung yang akan kita beli.

Demikian dan semoga bermanfaat
Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...