CIRI-CIRI PLECI OVER BIRAHI DAN CARA MENURUNKAN OVER BIRAHI PLECI

damai– Bebera perilaku jenis burung terutama burung pleci pada kisaran umur 6 bulan ke atas biasanya dan seharusnya sudah mulai menunjukkan performanya yang dibuktikan dengan mulai rajin berkicau, baik berupa sekedar negriwik halus atau yang lebih sering kita dengar dengan sebutan wiklus ataupun kriwikan kasar atau wiksar dan bahkan ngalas, ngerol dan negplong.

Rajinnya burung berkicau tidak lepas dari yang namanya kondisi birahi pada burung tersebut, jika dalam mensetting burung Pleci milik kita dengan settingan pemberian makanan, minuman dan EF serta perawatan lainnya yang tepat seperti mandi dan jemur serta pengembunan sehingga bisa mengkondisikan burung pada level burai dengan tepat dan pas, maka burung akan menjadi rajin berkicau tidak hanya sekedar wiklus dan wiksan namun bisa menjadi gacor, ngalas ngerol, bukpar dan lain sebagaian dengan kondisi stabil dan nagen. untuk itu sangat dibuthkan kejelian dan kecermatan tersendiri pada saat melakukan setingan sebagaimana yang sudah dijelaskan dengan tepat dan akurat.

Kita biasanya akan merasa kebingungan dan gundah ketika Pleci miliki kita gacor tapi karena terlalu over birahi yang ditandai dengan selalu loncat-laoncatan dan bahkan ngerabak dalam kandang sehingga kurang asyik untuk dinikmati, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah bagaimana caranya menurunkan kondisi birahi pada level over menjadi normal kembali, karena menurut beberapa pendapat dari para pleci mania, over birahi (OB) disebabkan karena kelebihan EF yang kita berikan sehingga akan berdampak secara langsung pada pleci milik kita, maka dengan kondisi tersebut harus diturunkan kondisi OB nya pada level yang tetap, tetapi perlu diingat bukan berarti dalam upaya menurunkan OB harus dengan mengurangi dan bahkan sama sekali tidak memberikan EF, tetap berikan EF tetapi pada kondisi yang tepat.

Ada bebera pendapat untuk menurunkan kondisi OB pada Pleci dengan memberikan ketimun, yang disinyalir akan secara cepat meredkanan dan memulihkan kondisi over birahi oada Pleci.

> Ciri-Ciri Pleci Over Birahi:
- Sering loncat-loncatan dan gelisah sekalipun kondisi makanan dan EF tersedia.
- Menggetarkan sayap seraya mengeluarkan suara ciriiririri… cirriririr….ciciririr… seperti akan musuh.
- Sepintas terkadang makan lebih rakus  
- Apabila bertemu dengan Pleci lain suka menggoyangkan kepala dan ngeriwik halus.

> Adapun Cara mengatasi Pleci Over Birahi adalah sebagai berikut:
- Sering dimandikan, atau jika tidak sempat karena harus melakukan aktifitas lain, berikan cepuk ukuran besar untuk mandi sendiri.
- Kurangi pemberian EF seperti UH, UK dan juga Kroto atau bisa juga diatur pemberian EFnya jika biasanya setiapa hari maka berikan jedah waktu untum pemberiannya.
- Berikan buah-buahan seperti; ketimun, papaya, dll.
- Lakukan koloni dengan pleci lain, beberapa Pleci Mania tidak menyarankan  untuk tidak disandingkan dengan “Untulan” tapi banyak juga yang melakukan dengan cara didekatkan dengan untulan karena cara ini sangat efektif.
- Pengembunan juga sangat bermanfaat untuk mengkondisikan Pleci lebih stabil.

Demikian dan semoga bermanfaat, maaf jika ada kesalahan.

Salam damai9

Apabila artikel ini dirasa bermanfaat bagi Anda, silakan like di Facebook atau di Google+. Terima kasih
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...