BURUNG PARKIT (SEBENARNYA) LEBIH UNGGUL DIBANDINGKAN LOVE BIRD / KEUNGGULAN BURUNG PARKIT

damai9 – Burung Parkit. Sebutan untuk burung yang termasuk dalam kelompok paruh bengkok ini memiliki nasib yang kurang seberuntung jika dibandingkan LoveBird yang memang untuk saat ini dan hingga kini lebih dikenal dan lebih banyak diminati oleh para kicau mania dan LoveBird mania pada  khususnya.

Bicara tentang Parkit, sebenarnya memiliki keunggulan lebih jika dibandingkan dengan LoveBird yang hanya lebih mengandalkan “ngekek” dengan ekekan panjang dan dalam hal penilaian juri pun akan lebih dominan dan mendapatkan nilai jika love bird bisa ngekek pajang, maka jika hal tersebut terjadi burung tersebut termasuk dikategorikan lovebird yang berprestasi.

Berbeda dengan Parkit sekalipun penggemarnya tidak sebanyak LoveBird, tetapi ternyata parkit lebih banyak memiliki variasi ocehan sebagaimana burung ocehan lainnya jika kita merawatnya dengan sungguh-sungguh, artinya selain dijadikan sebagai burung master, Parkit juga bisa dimaster dengan burung lainnya sekalipun dimaster dengan nada suara yang tidak monothon alias bervariasi.

Ada pengalaman unik dan mengesankan pada saat melihat burung Parkit milik salah seorang kawan sebut saja Om Gito, Parkit milik beliau ketika digantang di teras begitu Gacor dan sangat memukau serta ayik untuk dinikmati ocehannya bagaikan menikmarti burung ocehan dan berasa bukan burung parkit, karena memang benar sebagaimana yang sudah disampaikan di atas bahwa Parkit bisa dimaster dengan suara burung lain dan pula bisa dijadikan sebagai burung masteran.  

Akankah parkit bisa naik daun sebagaimana paruh bengkok lainnya seperti LoveBird ? artinya apa ? jika memang burung Parkit bisa menjadi salah satu burung yang menjadi andalan para kicau mania dan ada Event Organizer (EO) menaikkan pamor Parkit dengan cara mengadakan lomba khusus untuk Parkit entah dengan cara Latpres, Latber, Lomba Burung ataupun dalam scoop kecil sekedar koloni maka tidak menutup kemungkinan Parkit akan menjadi terkenal sebagaimana LoveBird.

Menurut pendapat sebagian kicaumania LoveBird terkenal karena termasuk burung impor sedang burung Parkit sekalipun sebenarnya lebih memiliki kualitas suara yang lebih bagus dan lebih berfariasi tetapi tidak lebih terkenal karena hanya burung lokalan saja.

Dan seharusnya langkah yang kita lakukan adalah sebagai seorang kicaumania akankah kita lebih peduli dengan burung impor dibandingkan dengan burung produk lokal ?, jawabannya adalah bagaimana cara kita mensikapinya, dan selayaknya jika kita sebagai EO kita harus lebih mendahulukan burung lokal jika dibandingkan yang impor karena dengan kita mengadakan event dengan niat mempopulerkan Parkit maka secara tidak langsung akan memberikan peluang yang cerah dan menambah serta mempermudah kondisi perekonomian bangsa sendiri berkat beternak burung parkit.

Karena memang sangat murahnya burung Parkit jika dibandingkan Lovebird, per ekor harga Parkit hanya Rp 60 – 70 ribu sedang LoveBird bisa mencapai Rp 300 – 400 ribu tergantung jenisnya, maka banyak juga yang enggan briding parkit berdasarkan hal tersebut, namun semoga di masa mendatang Parkit akan menjadi salah satu burung yang di favoritkan dan juga termasuk burung yang disertakan dalam berbagai event yang diadakan.

Demikian semoga bermanfaat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...