CARA MENYIMPAN ULAT HONGKONG (UH) AGAR AMAN DAN AWET LAMA

Memang secara kasat mata hanyalah hal sepele berkaitan dengan proses dan cara penyimpanan Extra Food (EF) berupa Ulat Hongkong (UH) yang bagi sebagian besar kicau mania bukanlah perkara yang perlu dipermasalahkan. Tetapi bagi sebagian kicau mania lainnya bisa dibilang penting jika cara menyimpannya kurang tepat, sekalipun dalam pemanfaatannya tidak terlalu sering untuk pemberian UH tersebut kepada burung peliharaan kita.

Ada beberapa burung peliharaan yang sangat tergantung dengan jenis ulat termasuk juga UH, terutama untuk burung yang kesehariannya tidak mengkonsumsi buah dan hanya serangga sebagai makanan utamanya, maka jika demikian maka tidak bisa lepas dari pemberian serangga tersebut setiap harinya termasuk di dalamnya adalah UH, seperti; Glatik Batu, Kacer yang belum ngevoer, dan jenis burung lainnya termasuk juga pemberian kroto dan serangga lainnya.

Begitu juga pemberian UH pada Burung Pleci, yang saat ini sedang booming dan menjadi “Trending Topic” lebih lagi jika pada musim hujan seperti sekarang ini pada saat artikel ditulis (18 Pebruari 2016), maka sangatlah penting diberikan UH untuk menambah asupan protein dan memberikan kondisi hangat pada burung dan para pakar pun banyak yang menyarankan hal tersebut agar dilakukan selama musim hujan.

Terlepas dari segmen di atas, sedikit tambahan informasi perihal cara penyimpanan UH dengan tepat sekalipun harganya memang tidak semahal kroto, tetapi jika kondisi keuangan juga lagi menipis lumayan berasa juga jika harus setiap saat membeli UH karena UH habis dan bahkan banyak yang pada kering dan hitam akibat penyimpanan dan perawatan yang kurang tepat. Terkadang jika kita simpan dalam kondisi terbuka, dimakan cecak, jika tertutup, selang beberapa hari menjadi banyak yang hitam akibat tidak tepat cara menyimpannya. 


Dan berikut adalah Tips dalam menyimpan Ulat Hongkong (UH) agar aman dan awet lama:

1. Manfaatkan botol plastik (contoh: botol bekas sosis) sebagaimana tampak pada gambar
2. Lubangi tutup botol dengan ukuran kecil-kecil agar cicak tidak bisa masuk sekaligus berfungsi sebagai sirkulasi udara agar oksigen bisa masuk dalam botol
3. Gantung pada tempat yang sejuk sebagaimana menggantung sangkar burung yaitu dengan memberikan cairan, atau pelumas atau oli di bawah gantungannya 

Demikian dan semoga bermanfaat

Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...