CARA AKURAT MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN PLECI JANTAN DAN BETINA

damai-9. Apa kabar sobat kicau mania ? semoga senantiasa tetap diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin… berapa banyak koleksi burung Sobat di rumah ? bertambahkah ? ... hehehe

Oh ya nih sobat, sedikit berbicara tentang Pleci. Kendati ada kabar yang menyebutkan jika peminat pleci saat ini sudah mulai berkurang, tapi tidak demikian bagi Pleci Mania (Pleman) sejati yang tidak akan terpengaruh dengan hal-hal tersebut. Pokoknya salam “Pleci Mania” kata penggemar Pleci, disisi lain “Salam Garis Kuning” dan banyak lagi salam-salam lain berkaitan dengan pleci masing-masing yang dimilikinya.

Kali ini hanya akan mengupdate artikel sebelumnya sekitar artikel tahun 2013 yang membahas tentang perbedaan jenis kelamin Pleci (bisa dibaca : Cara Membedakan Jenis Kelamin Pleci Jantan dan Betina)

Bisa dibilang sudah terlambat memang jika pendapat pada artikel ini dilihat dan dibaca oleh para Suhu dan Master-master Pleci, tetapi akan lain ceritanya jika yang kebetulan membaca adalah sahabat-sahabat kicau mania yang masih baru mulai dalam urusan per-plecian, hahaha… jangan digalakin ya... (seperti status fb aja.... :))

Bagi master pleci sudah barang tentu bukan hal sulit mengenai perbedaan jenis kelamin burung ukuran kecil ini, tetapi bagi pemula mungkin bisa dianggap sebagai informasi berguna agar bisa lebih jeli dan tahu bagaimana dan seperti apa sih sebenarnya perbedaan jenis kelamin pleci.

Ada sedikit tambahan terkait perbedaan Pleci jantan dan betina, namun tambahan ini sepertinya justru merupakan hal yang bisa membedakan secara significant untuk bisa dijadikan sebagai pedoman. Dan berikut perbedaan burung pleci jantan dan betina:

Pleci Jantan
1.    Postur tubuh lebih besar dan panjang
2.    Bentuk kepala lebih lonjong dan ramping (50 : 50) dan tidak mutlak
3.    Bulatan putih pada mata lebih tajam dan tebal serta mata lebih besar dan agak menonjol, selain itu alis bagia bawah lebih tebal
4.    Paruh lebih besar dan tebal namun agak pendek
5.    Bulu pada ekor dalam kondisi netral biasanya mengumpul dan berbentuk huruf V
6.    Warna bulu lebih kontras

Pleci Betina
1.    Postur tubuh lebih kecil dan membulat
2.    Kepala bulat (50 : 50) dan tidak mutlak
3.   Bulatan putih pada mata tidak terlalu tajam dan mata agak rata serta ketebalan alis bagian atas dan bawah sama-sama lebar
4.    Paruh ramping dan tipis, tapi tergantung juga
5.    Bulu ekor menyebar
6.    Warna bulu sedikit buram tidak terlalu cerah

Namun ada satu lagi menurut beberapa pakar Pleci yang bisa membedakan secara jitu. Sekalipun pleci masih dalam usia muda, untuk pleci jantan pada saat stand by biasanya “ngeriwik” apalagi jika ada gerimis ataupun saat mendengarkan suara kemricik air, seperti saat mengisi air di bak air kamar mandi, ataupin kricikan air di tempat lainnya. Namun jika pada saat-saat tersebut burung tidak ngeriwik sama sekali, maka bisa diyakini bahwa itu adalah pleci betina (cewean/untulan). Kesimpulannya adalah, kalo ngeriwik = jantan, tidak ngeriwik = betina.

Gambar di atas contoh pleci betina. 

Demikian semoga bermanfaat. Salam damai-9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...