WASPADA ! AKSI PENIPUAN, KOMPLOTAN PENJUAL BURUNG DI PASAR BURUNG JATINEGARA

damai-9. Seperti biasa yang namanya Hobby burung selalu saja tidak lepas dari mencari informasi yang berkaitan dengan burung. Saat sedang buka-buka FB di bagian Bursa Jual Beli Burung tiba-tiba menemukan postingan seorang penggemar burung yang menginformasikan perihal kejahatan sindikat penipuan yang terjadi di Pasar burung Jatinegara sebagaimana gambar screenshot.

Menurut salah satu komentar dari beberapa pengunjung yang memberikan komentar atas postingan tersebut menginformsikan bahwa kejadian tersebut adalah modus lama yang dilakukan oleh sekelompok orang yang berjumlah sekitar 4 orang. Sebagaimana komen yang dituliskan olehnya, maaf tidak kami sebutkan namanya memberikan komentar begini:

“Kalo ane 2 minggu yang lalu tapi ane beli 300 yasaaalam ketipu juga dan mati akhirnya. Dia jumlah 4 orang dan pedagang disna udh tau tapi mereka gakbisa kasih petunjuk karena pelakunya (Akamsi) anak kampong situ wkwk. Suara burung dari mulut nya dan hati hati intinya bismillah hehe salam kicau!” 

dan berikut screenshot-nya :

Itulah pesan seorang pengunjung yang memberikan tanggapan atas postingan tersebut.

Memang benar apa yang dipesankan pada komentar tersebut, hendaknya kita lebih hati-hati jika akan pergi ke pasar burung tersebut, apalagi jika kita tidak tahu secara persis lokasi dan posisi pasar burung yang kita tuju serta target burung apa yang kita inginkan, lebih baik kita pikirkan matang-matang dan pastikan target burung apa yang akan kita beli sebelum berangkat menuju ke pasar burung agar tidak terkesan seperti orang yang tidak sedang bingung. Menurut pendapat pembaca yang lain juga memberikan tanggapan “Mereka biasa komplotan. Biasanya orng yang ciliangak cilinguk di jtinegara yang kaya orng bingung yg dipepet gitu”  

Bagaimana caranya agar kita terhindar dari hal yang tidak diinginkan tersebut ? salah satu cara yang paling mudah adalah:

1.     Pastikan secara benar bahwa kita faham lokasi pasar burung yang akan kita tuju
2.     Ajaklah teman yang sudah faham dengan pasar burung yang akan kita datangi
3.     Rencanakan secara matang dan fokus pada burung yang akan kita tuju
4.     Dan yang terakhir jika pengalaman yang terjadi adalah penipuan atas burung yang terdapat di “besek”, maka hindari membeli burung di tempat tersebut.

Demikian agar bisa menjadi bahan perhatian bagi kita semua. Ada yang memberikan rekomendasi terutama bagi pemula dan yang belum faham pasar burung lebih baik ke pasar Burung Kolong Kebayoran lama ataupun Pasar Burung Pramuka.

Demikian dan semoga bermanfaat. Salam damai-9.com


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...