CARA MEMBEDAKAN MURAI BATU MEDAN DAN MALAYSIA

damai-9. Berbicara soal burung yang satu ini memang tidak ada bosannya apalagi untuk ukuran Murai Batu yang banyak orang sebut dengan kata Medan, hampir semua penghobi burung pasti menykainya, apalagi yang berkantong tebel sudah pasti bukan hal yang susah untuk mendapatkan murai yang diidamkannya.

Belum lama ada event yang mengangkat popularitas Murai Batu dalam gelaran Piala Presiden yang mengakibatkan ada satu Murai Batu juara yang ditawar oleh bapak presiden seharga Rp 500 juta namun oleh si pemiliknya tidak diberikan dengan alasan masih suka dengan murai miliknya tersebut. Diberitakan bahwa murai milik presiden yang diikutsertakan dalam lomba pun kalah dengan murai batu dengan nama Kitaro dengan nama pemilik Muhammad Nur Alamsyah. Itulah yang namanya hobby, susah dan tidak ada nominal harga yang pasti.


Dari kisah singkat di atas, kali ini kembali pada judul yang kami tuliskan terkait bagaimana dan apa sih perbedaan atara burung Murai batu Medan dengan Malaysia.

Sebagian besar para murai batu mania yang sudah pengalaman pasti tahu apa-apa saja yang membedakan.

Beberapa perbedaan Murai Batu Malaysia dan Murai batu Medan :

1.     Panjang Ekor - Murai batu Malaysia rata-rata memiliki ekor lebih panjang jika dibandingkan dengan Murai Batu Medan, Murai batu Malaysia bisa memiliki ekor  dengan panjang 30 cm bahkan bisa lebih, adapun Murai Batu Medan biasanya paling panjang sekitar 25-27 cm.

2.     Ukuran Badan – terkait dengan ukuran fisik Murai Batu Malaysia lebih kecil dan ramping jika dibandingkan dengan Murai batu Medan.

3.     Warna Bulu – Perbedanaan lainnya adalah terkait warna bulu. warna bulu Murai Batu Malaysia jika kita perhatikan akan terlihat lebih mengkilat apalagi jika terkena sinar matahari maka akan terlihat seperti warna biru dongker, sedangkan murai batu medan memiliki warna yang cenderung lebih gelap dan biasa saja sekalipun terkena sinar.

4.     Suara dan Gaya Tarung - Dari sisi suara, murai batu medan lebih lama ketika sedang berkicau dan sambil mengerak-gerakkna ekornya, sedangkan murai batu Malaysia lebih cenderung pasif, dan pada saat tarung, burung murai asal malaysia cenderung jarang menggerak-gerakkan ekornya dan murai batu medan terlihat lebih aktif sambil mengerak-gerakan ekornya.

Demikian beberapa perbedaan yang dapat kami peroleh dari berbagai sumber di internet. Apapun jenisnya dan dari manapun asalanya, yang namanya hobby, sekali lagi hobby tidak akan ada yang bisa menilai dengan nominal berapapun. Semoga bermanfaat.