CARA MENGOBATI MURAI BATU SERAK

damai-9. Hampir seluruh kicaumania tidak ada yang tidak suka dengan kicauan Muari batu, dengan penampilan menarik, ekor panjang nan lengkung bergerak dengan lincahnay dengan iringan ocehan yang merdu dan variasi yang sangat indah, sudah tentu semua orang pasti akan menyukai dan ingin memeilikinya.

Trouble yang terjadi pada burung yang untuk saat ini masih selalu di nomor satukan untuk kelas ocehan ini adalah tidak jarang bersuara serak dan bahkan lama-lami suara habis hingga tidak bisa ngoceh lagi, lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya ?

Beberapa factor yang terjadi di lapangan diantaranya :

Pemberian makanan yang kurang tepat

Burung mrai batu yang mengalami serak penyebabnya adalah pemberian makanan yang tidak sesuai dan kurang tepat, sebagai contoh pemberian kroto yang sudah basi. Lebih baik jangan berikan kroto yang sudah basi karna pada kroto yang sudah basi tersebut terkandung bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pada burung, maka untuk menghindari agar jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, berikanlah kroto yang masih segar. Artinya sekalipun dalam satu hari pemberian kroto diperkirakan cukup maka selayaknya jangan diberikan lagi di lain hari jika kroto sisa tersebut sudah basi.

Demikian juga pemberian makanan berupa voer yang tidak sesuai juga terkadang bisa menyebabkan suara burug jadi serak.

Gangguan pernapasan

Gangguan pernafasan ini serang terjadi karena kondisi kandang yang kurang bersih, maka akan bisa lebih menjaga kesehatan untuk burung terutama terkait kesehatan pernafasan dengan membersihkan kandang.  Perlu dicermati, bahwa mengkerodong burung dalam ruangan pun sebenarnya ada positif negatifnya dan yang perlu diperhatikan, kerodongpun harus dalam kondisi bersih dengan cara perlu juga untuk dicuci seminggu sekali sebagai contoh untuk menjada kebersihan kerodng dan menjaga kestabilan pernapasan burung.

Sirkulasi udara yang kurang baik

Kita sering menganngap sepele dalam memperlalukukan burung milik kita. memang dilema sih, taruh diluar takut hilang taruh di dalam terus burung kurang sehat, padahal untuk mendapatkan asupan aksigen yang cukup hendaknya burung ditaruh di luar rumah tidak hanya pada saat proses penjemuran saja tetapi sebetunya yang lebih bagus adalah sepanjang hari sebelumn malam atau sore hari dan lebih sempurna lagi apabila di gantang di sekitaran pohon pihon yang berdaun lebat sehingga bisa menghirtup oksigen yang sangat dibutuhkan oleh burung.  

Dan beberapa factor lain yang bisa menyebabkan burung serak diantaranya adalah :
-       terlalu sering dilombakan tanpa beristirahat
-       penjemuran yang berlebihan dan salah waktu jemur dan beberapa factor penyeba lainnya

Cara Mengobati Suara Serak pada Murai Batu dan juga Burung Lainnya

Secara Alamiah, yaitu dengan menggunakan jahe dan kencur dicampur dengan sedikit garam, adapun caranya adalah rebus semua bahan-bahan tersebut ke dalam dua gelas air hingga mendidih dan hingga air kelihatan keruh atau dengan estimasi air tingga sisa 1 gelas atau kurang dari 1 gelas. Kemudian angkat dan dinginkan air secara alami, setelah dingin saring dan masukkan ke dalam cepuk minuman untuk mkemudian masukkan ke dalam kandang sebagai pengganti air minum burung, namun hal ini hanya dianjrkan pada saat siang hari sehingga pada sore menjelang hari saat burung akan dikerodong dan dimasukkan ke rumah maka hendaknya ganti air tersebut dengan air putih biasa.

Perlu diingat, cuaca, kondisi lingkungan sekitar rumah, asupan oksigen yang cukup termasuk diantaranya adalah adanya tanaman yang berdaun lebat di sekitar rumah bisa mempercepat proses penyembuhan pada burung yang mengalami serak.

Semoga bermanfaat
Salam damai-9.com