CARA MERAWAT DAN MENGOBATI MURAI BATU LUMPUH

damai-9. Rasa khawatir dan was-was apalagi termasuk burung dalamkategori mahal seperti murai batu. Bagi sebagian orang yang tidak terlalu meikirkan segi financial mungkin tidak masalah, namun bagi yang kondisinya pas-pasan apalagi seekor murai batu pastilah akan berusaha semaksimal mungkin dalam proses perawatannya keti murai batu miliknya menderita lumpuh pada kakinya.

Banyak artikel di internet yang membahas tentang penyebab murai batu bisa mengalami lumpuh.

Disini hanya akan disampiakan cara merawat dan mengobati kaki lumpuh yang terjadi pada burung murai batu, diantaranya burung diumasukkan ke dalam kandang, lebih diutamakan kandang besar berukuran pendek dan secara otomatis tenggerannya pun dibuat cukup pendek untuk mempermudah burung pada saat akan nangkring agar tidak terlalu ketinggian, sebab jika terlalu tinggi jika jatuh akan berakibat kesakitan yang bisa menambah semakin menambah cedera terhadap kaki burung.

Demikian juga berikan alas pada dasar kandang berupa kertas ataupun koran dengan tujuan menghangatkan burung pada saat sakit, dan jangan lupa letakkan makanan dan muniman di dasar kandang dan buatlah wadah makan dengan model datar.
   
Adapaun cara yang dilakukan untuk mengobati burung lumpuh adalah sebagai berikut:

      Berikan Extra Food dengan jumlah lebih banyak dari kebiasannya seperti jangkrik, kroto, ulat, dan lain sebagainya.
      Untuk kroto berikan setiap pagi, siang dan sore, cukup 1 sendok the tiap.
      Berikan ulat hongkong cukup 2 – 3 ekor pada pagi dan sore hari.
      Air minum harus diberikan dalam kondisi bersih dan matang, dan tersedia setiap waktu.
      Berikan larutan garam agar burung tak mudah lemas. berikan 1-2 kali seminggu.
      Berikan vitamin yang banyak tersedian ti took burung untuk menyembuhkan kelumpuhan pada burung. Berikan selama 7 hari berturut-turut.
      Setiap pagi, mulai pukul 6.30 burung dijemur di bawah sinar matahari pagi hingga sekitar pukul 09.00, karena sinar matahari pada pagi hari sangat bermanfaat bagi burung.
      Dan yang paling penting yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan minyak kayu putih dengan cara dioleskan pada kaki yang terkena lumpuh sambil dipijit-pijit dari pada hingga sekujur badan burung setiap pagi dan sore atau malam hari secara routin.

Dengan perawatan yang dilakukan secara routin dan sabar, maka Insya Allah akan membawa hasil, dan perlu diingat yang sangat oenting adalah apabila burung sudah muali berjanjak sembuh, pastikan tetap lekukan penjemuran di pagi hari.