Cara Menyambung Batang (Enten) Jambu Air Citra / King Ros / Cincalo Merah ke Pohon Jambu Madu Susu

damai-9.com 
Merambah ke hobi berikutnya dan semoga tidak jauh-jauh melenceng dari tema blog yang sebenarnya yaitu Hobi & Si Petani, jadi ada juga kecenderungan untuk mencoba posting terkait dengan pertanian (Agriculture)... hehehe.

Kali ini saya mencoba memposting video yang terkait dengan menyambung batang atau istilah biologinya "enten"... hehehe 

Mulanya pas banget sepulang dari musholla setelkah sholat Isya', kebetulan ada saudara dari Pondok Cabe datang ke rumah mertua membawa 2 buah cangkokan Jambu Cincalo Merah sebut saja namanya Bang Hasan, yang memang sempat sebelumnya pernah menawarkan cangkokan tersebut, kata dia, namun pastinya jambu Cincalo atau jenis lain, kurang tahu pasti. Kalo kata yang punya (Bang Hasan) jambu cincalo, tapi sebenarnya banyak juga jenis jambu air besar yang warnanya merah, ada Cincalo, King Ros, Air Citra dan banyak lagi jenis-jenis jambu air lainnya.

Sambil ngobrol, saya bilang ke Cing saya, "Boleh motek batangnya dikit ya Cing? buat disambungin sama pohon jambu yang di rumah", dan alhamdulillah boleh, trus saya potek kira2 ukuran + 8 cm dengan diameter batang sekitar 0,5 cm. 

Setelah sampai di rumah segera saya bungkus dengan plastik agar tetap lembab dan segar untuk kemudian saya proses penyambungannya besok pagi.

Singkat cerita, berikut adalah hasil dari proses sambung pucuk (enten) yang Insya Allah semoga berhasil hingga berbuah. Selamat mencoba. 


Demikian dan semoga bermanfaat. Salam damai-9.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar