TIPS CARA MERAWAT BURUNG YANG BARU BELI DARI PASAR BURUNG, PENANGKARAN DAN SESAMA PENGGEMAR BURUNG

JAKARTA SELATAN - Ada sebagian dari kicau mania yang mungkin pernah mengalami masalah yang sedikit perlu diperhatikan, yaitu ketika membeli burung yang diinginkannya dari pasar burung atau dari penangkaran atupun dari sesama teman kicau mania.

Jika kita membeli burung dari teman sesama kicau mania ataupun teman yang punya teman itu akan lebih baik jika dibandingkan dengan membeli di pasar burung ataupun di pinggiran jalan, namun sangat lebih dianjurkan jika ingin membeli burung maka yang terbaik adalah membeli di tempat penangkaran karena dari tempat tersebut kita tahu kualitas dan kondisi kesehatan si burung yang kita beli tersebut, namun apabila sudah terlanjur membeli di pasar jangan risau dan jangan kecewa dan jangan takut.

Ada beberapa Cara Merawat Burung yang Baru Beli dari pasar burung, dari Penangkaran, pinggiran jalan ataupun dari sesama teman penggemar burung.

1.    Yang pertama adalah, kalau kita membeli burung dari pasar biasanya dibungkus menggunaka kertas semen yang diberi lubang angin, itu sangat betul agar selama di perjalanan burung tidak mengalami stress. Apabila membawa dengan menggunakan kandang/sangkar maka sangkar yang berisi burung haruslah dikeredong dengan alasan yang sama agar selama di perjalanan burung tidak mengalami stress. Dan jangan lupa selama di perjalananpun burung diberikan pakanan sesuai dengan makanan dimana membeli burung.

2.    Ketika sudah sampai di rumah, keredong jangan langsung dibuka, biarkan terlebih dahulu sekitar 1-2 jam, setelah itu lalu dibuka dan dianjurkan dipindahkan ke kandang yang tidak terlalu besar, biarkan selama 1-2 jam kandang dibuka dan kemudian dikeredong kembali selama semalam dan itu dilakukan selama 4-7 hari (seminggu).

3.     Selama dalam pengeredongan, makanan tetap diberikan dengan kualitas yang berprotein, seperti kroto, ulat hongkong, jika burung pemakan buah berilah buah yang segar setiap hari dan jangan lupa untuk minumannya campurlah vitamin dan juga dengan obat anti stress (rekomendasi: produk www.omkicau.com), namun burung yang baru dibeli biasanya tidak terlalu langsung mau makan karena masih beradaptasi terlebih dahulu.

4.    Memandikan burung, burung yang baru dibeli dari pasar biasanya kondisinya kotor mulai dari kakinya, paruhnya, bulu ekor, bulu sayap kepala dan hampir semunya, jika memungkinkan bersihkan terlebih dahulu ala kadarnya (bukan mandi), hanya bagian yang kotor-kotor saja dan jangan sampai terlalu basah.

5.    Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap burung artinya jangan sampai burung merasa tidak nyaman, terganggu dengan adanya penggoda yang memang sengaja menggoda atau karena tidak tahu dan hanya sekedar ingin iseng, maka kalo bisa hal seperti itu diusahakan untuk dihindari demi kenyamanan burung, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung itu sendiri dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara dan ocehan si burung.

Demikian tips yang dapat saya sampaikan dan semoga bermanfaat, namun mohon maaf faktor keberuntungan tetap ada di pihak kita masing-masing karena sekalipun dalam kita melakukan sudah sesuai dengan tips dan saran yang sudah diberikan oleh para ahli kicau mania namun terkadang masih belum berhasil juga.
Salam Kicau Mania

2 komentar: