TIPS CARA MERAWAT BURUNG CILILIN AGAR TIDAK MUDAH STRESS DAN CEPAT GACOR

damai9 - Burung Cililin, Menurut pendapat sebagian kicau mania ada yang menyatakan bahwa burung ini adalah burung yang mudah stress dan gampang mati.

Pengalaman pribadi: Sebagaimana burung kolibri, ada juga yang berpendapat bahwa burung kolibri sangat mudah stress dan gampang mati, namun kolibri yang saya pelihara sejak mengambil anakannya dari pohon dan kemudian saya pikat induknya dan kemudian terperangkap dua-duanya (induk jantan dan betina), kemudian saya masukkan ke kandang besar beserta  kedua anaknya yang masih piyik yang belum bisa makan sendiri dan harus diloloh sama induknya + sarangnya, Alhamdulillah ternyata sehat-sehat saja, dan anaknya pun bisa tumbuh menjadi dewasa tanpa ada masalah yang berarti.

Begitu pula dengan burung Ciclilin, ada sebagai kicau mania yang menyarankan agar dimasukkan ke kandang besar yang jauh dari keramain atau bisa juga menggunakan kandang kecil namun apabila belum jinak harus sering-sering dikeredong.

Berikut adalah tips dalam merawat burung Cililin agar tidak mudah stress dan cepat gacor:

1. Burung dimandikan setiap pagi dengan cara semprot dengan menggunakan spray.

2. Bersihkan kandang setiap hari termasuk buang kotoran burung, ganti atau tambahkan makanan, ganti air minum dan usahakan berilah air minum burung dengan air yang sudah dimasak atau bisa juga dengan air kemasan atau air mineral dan yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan dan kesehatan burung perlu diberikan vitamin yang dicampurkan dalam air minumannya sebagaimana banyak yang disampaikan dibeberapa artikel lain. 

3. Lakukan penjemuran, kusus untuk burung Cililin tidak perlu menjemur terlalu lama karena burung Cililin adalah burung yang tidak terlalu tahan dengan panas, cukup kurang lebih 30 menit kemudian cukup diangin-anginkan saja di teras dengan kondisi sejuk.

4. Berikan makanan yang cukup seperti voer yang berkualitas (voer kemasan), tanpa melupakan makanan pokoknya yaitu jangkrik yang setiap pagi perlu diberikan minimal 7 - 8 ekor pagi dan sore, bisa juga ditambah dengan ulat hongkong cukup satu sendok makan untuk 2-3 hari.

5. Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah dibutuhkan suasana aman, nyaman, sejuk serta tenang agar burung tidak mudah stress.

Demikian dan semoga bermanfaat.


Salam

"Perlu diperhatikan, faktor usia berpengaruh pada rajin atau belumnya burung berkicau, semakin dewasa usia burung, akan semakin rajin berkicau (gacor)"
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...