CARA MENGOBATI KAKI BENGKAK PADA BURUNG KENARI

damai9 - Kali ini saya sampaikan sedikit pengalaman pribadi yang pernah saya alami yang mungkin pernah juga dialami oleh para kicaumania pemilik kenari, yaitu kaki bengkak, dengan alasan yang tidak tahu persis apa penyebabnya.

Semula diawali dari pemindahan lokasi burung yang berjarak sekitar + 3 - 4 km menggunakan mobil kijang dan sangkar diletakkan di bagian belakang, ada kemungkinan terjadi goncangan yang mengakibatkan kaki keseleo atau apalah kurang begitu faham, kemudian setelah di tempat yang baru burung kenari saya gantung namun sama sekali tidak mau berbunyi, ngeriwik sedikitpun tidak, makan juga malas-malasan dan kakinya selalu diangkat satu, ternyata setelah selang 3 hari terdapat bengkak di dekat kuku di kakinya, (dalam hati: "Ooooooh... pantesan ora gelem muni terus mangane yo ming sithik").

Singkat cerita ada yang menyarankan coba rendam dengan air hangat yang agak rada panas dicampur dengan garam, karena takut daripada nantinya semakin parah, terus saya coba rendam sekitar 5-7 menit, Eeeeh... Alhamdulillah selang 2 hari ternyata kakinya sudah pulih seperti semula.

Itulah sekedar sharing pengalaman yang pernah saya alami.
  
Bila sedikit boleh memberikan saran, agar tidak terjadi pembengkakan pada kaki burung kenari anda, dan juga penyakit lainnya, rawatlah burung kenari anda dengan benar sesuai dengan proses perawatan yang sudah banyak di-share oleh para pakar yang sudah banyak dimuat di internet. Jika teman-teman mengalami hal yang sama seperti yang saya alami silahkan boleh dicoba, namun jika ragu-ragu lebih baik gunakan obat yang memang khusus untuk mengobati bengkak pada kaki burung terutama kenari atau juga penyakit lainnya yang sudah banyak dijual di toko-toko burung.
Demikian dan semoga bermanfaat.
Salam damai9

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...