TIPS AGAR JALAK NIAS BISA CEPAT JINAK / CARA MENJINAKKAN JALAK NIAS

JAKARTA SELATAN – Semua orang terutama bagi para penggemar burungkicauan dan juga bahkan bukan yang burung kicauan pasti menginginkan burung kesayangannya selain gacor tapi juga jinak. Namun belum tentu semua penghobi burung faham tentang bagaimana caranya menjinakkan burung kesayangannya.


Sebelum menyampaikan tips, sebenarnya burung Jalak Nias dan juga burung jenis lainnya yang kita miliki jika kita rawat dari masih piyik (anakan),biasanya akan lebih mudah jinak menjelang dewasanya karena memang sudahmemahami si pemiliknya sehingga akan secara otomatis pula lebih cepat jinak jika dibandingkan dengan kalau kita merawat burung sejak usia burung sudah dewasa.

Ada beberata cara agar burung Jalak Nias cepat jinak: 
1.     Menurut beberapa pengalaman yang sudah disampaikan oleh para penggemar perburungan, burung bisa jinak secara alami dan juga bisa jinak dengan cara proses penjinakan yang kita lakukan, dan proses menjinakkan burung jika dilakukan secara alami akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan  penjinakan yang kita lakukan oleh kita sendiri sekalipun cara yang kita lakukan terkadang dinilai lebih extreme (agak kasar dan sedikit sadis), seperti misal ketika memandikan burung  yang masih liar dengan cara kita mandikan hingga basah kuyup sampai seluruh bulu basah, jangan panik ketika burung kelabakan kesana kemari bahkan hingga luka dan berdarah di sekitar paruh dan itu pasti akan terjadi ketika kita lakukan terapi tersebut pada burung yang masih liar.

*Catatan : jika kita tidak sanggup dan tidak rela melakukannya jangan kita paksakan diri.

2.     Mengapa kita harus memandikan sampai basah seluruh bulunya (bhs. jawa: nganti cerindil), karena setelah dimandikan burung akan merasakan lapar, dan mulailah berikan makanan seperti jangkrik, caranya kita berikan dengan dengan lidi, jika belum mau makan, coba tarik ulur untuk mencoba seberapa minatnya burung terhadap jangkrik yang kita pegang sampi dia mau makan, jika memang benar-benar belum mau makan tinggalkanlah jangkrik dicepuk minuman, hari berikutnya lakukan hal yang sama, ketika sudah mulai tidak terlalu takut lakukan pemberian jangkrik dengan tangan kita langsung, dan seterusnya.  Maka di sinilah burung akan mulai terbiasa dengan kita dan akan merasakan ketergantungannya kepada kita dan bahkan bagi si burung, kita bukan lagi dianggap sebagai pemiliknya namun akan dianggap sebagai teman oleh si burung.

3.     Jika ingin lebih jinak lagi (jinak tangan) tetap harus lebih sabar, tips diatas, pemberian makanan muali dari dengan menggunakan lidi, kemudian pakai tangan langsung dan ketika burung sudah mau makan lewat tangan kita sendiri secara langsung dari luar kandang, mulailah dilatih dengan mencobab memberikan pakan kesukannya seperti jangkrik dari dalam kandang, dan biasanya awalnya belum mau namun ketika sudah lapar biasanya mau tapi secara nyamber, dan lama kelamaan akan mengambil secara berani dan tenang, dan hal itu harus dilakukan secara continue.  


Peletakan posisi kandang - Pada burung yang masih liar pasti akan kelabakan jika kita letakkan di tempat yang ramai banyak lalu-lalang orang secara langsung, namun ada cara yang sedikit lebih santai dan tidak terlalu membuat stress burung yang masih liar, yaitu dengan meletakkan kadang agak sedikit jauh atau tinggi yang disekitarnya banyak lalu lalang orang sekalipun agak jauh. Kemudian kita cermati, jika burung sudah mulai merasakan tenang agak sedikit kita dekatkan, dan seterusnya hingga burung tidak merasakan terganngu jika kita dekati.

Cara memandikan dan perlakuan kita terhadap burung tersebut diatas memang dinilai agak sedikit kejam dan sadis, namun itulah terapi agar burung kesayangan kita bisa jinak sesuai dengan harapan kita. Namun jika pilihan kita, jinak secara alami, mungkin itu hal yang lebih manusiawi sekalipunharus sedikit lebih bersabar.


Dermikian tips yang disampaikan, dan hal ini tidak mutlaq harus dilakukan, karena mungkin masih ada tips yang lebih jitu yang bisa juga dilakukan.

Semoga bermanfaat.

Salam damai9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA: