MENGAPA BURUNG KACER MBAGONG / PENYEBAB KACER MBAGONG (MACET BUNYI)

damai9 – Kita akan merasa puas ketika burung kacer yang kita ikutsertakan dalam sebuah ajang perlombaan, baik dalam kontes, latber ataupun jenis lomba-lomba lain, burung kesayangan kita tampil dengan sangat cantik, berani ngadu, lincah dan gacor dengan tampilan memukau, sekalipun belum mendapat juara ataupun menang.

Namun terkadang justru hal lain yang terjadi bada burung kacer yang kita miliki, yaitu MBAGONG (macet bunyi), nah jika demikian yang terjadi maka perlu kita perhatikan apa sih penyebab Burung Kacer Mbagong Saat Lomba !

Yang perlu diperhatikan adalah:
  
1.     Perhatikan usia burung kacer kita, karena burung kacer jika memang usia masih muda, ada kemungkinan sekalipun ketika di rumah sudah gacor tapi jika kita sudah pertemukan dengan kacer yang lebih senior bisa jadi tidak berkutik, itulah semakin tua usia kacer maka akan semakin berani dan siap untuk ditampilkan.
2.     Kondisi stress, bisa jadi umur sudah cukup dewasa (tua), namun karena dalam kondisi stress seperti misal, perjalanan yang jauh menuju tempat perlombaan, sangkar yang jatuh dari gantungan, akibatnya menjadi trauma, itupun bisa menjadi penyebab burung kacer mbagong
3.     Salah perawatan, seperti misalnya kurang madi atau pun terlalu sering dimandikan, jarang terkena sinar matahari atau mungkin malah justru penjemuran yang terlalu berlebihan yang mengakibatkan burung kepanasan, kurang tepatnya pemberian makanan (kelebihan/kekurangan) nutrisi yang seharusnya yang mengakibatkan burung over birahi ataupun justra ngedrop sama sekali.
4.     Dan mungkin juga burung dalam menjelang masa mabung, berganti bulu (molting) ini adalah factor yang sangat berpengaruh yang menyebabkan burung mbagong.
5.     Belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan atau justru terlalu sering ikut lomba.

Inilah sedikit paparan yang bisa disampaikan mengenai sebab-sebab burung kacer mbagong.
Semoga bermanfaat

“Perlu diperhatikan! Faktor usia sangat berpengaruh pada rajin atau tidaknya burung berkicau, semakin dewasa usia burung akan semakin rajin berkicau (gacor)” 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...