CARA MEMELIHARA / BETERNAK AYAM KATE AGAR BISA BERTELOR, MENGERAMI DAN BISA MENETAS

damai9 - Berbeda dengan artikel yang lainnya, artikel kali ini akan membahas sedikit tentang cara merawat ayam kate agar cepat bertelor.

Pada dasarnya sama dengan jenis unggas lainnya yang memang ketika kita pelihara karena disamping hobby juga bisa menghasilkan tambahan pundi-pundi untuk rumah tangga.

Demikian juga kita disarankan, disamping memelihara ayam kate ini karena hobby tapi semoga selama kita memelihara dan merwatnya ada tambahan pendapatan, namun terkadang sebgain penghobi ayam kate kurang sedikit sabar dalam memeliharanya kenapa ayamnya tidak bertelor-bertelor, atau mungkin bertelur tapi tidak dierami, atau dierami tapi tidak menetas dan lain sebagainya.

Untuk itu ada beberapa cara agar ayam kate dapat bertelor, dierami dan bisa menetas.

1.       Faktor kandang (jika menggunakan kandang) disarankan kandang dengan ukuran ideal, untuk 1 pasang ayam kate idelanya minimal pxlxt = 1 x 1 x 1/80 cm.
2.       Makanan harus selalu tercukupi bahkan apabila menghendaki keturunan yang berkaulitas disarankan pemberian vitamin untuk ayam yang banyak disediakan di took-toko unggas.
3.       Yang sangat penting posisi kandang “harus” bisa memperoleh sinar matahari ketika di pagi hari.    
4.       Agar ayam tetap dalam kondisi sehat, sesekali ayam dikeluarkan dari kandang selama beberapa jam
5.       Buatlah suasana di lingkungan kandang nyaman dan aman terhadap pengganggu, seperti anjing, kucing bahkan manusianya sendiri (terkadang anak-anak) yang sengaja mengganggu ayam sehingga bisa mengakibatkan gagal bertelur dan juga mengerami.
Demikian semoga bermanfaat.
Salam 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...