CARA MERAWAT CUCAK IJO AGAR TETAP FIT SELAMA MUSIM HUJAN

Blog Si Petani - Tidak berbeda jauh dengan artikel sebelumnya mengenai Cara Merawat Burung Saat Musim Hujan Agar Tetap Sehat dan Fit.

Untuk kali ini sedikit berbeda, karena khusunya untuk burung Cucak Ijo menurut para ahli perburungan bahwa Burung Cucak Ijo sangat senang dan gemar dengan panas matahari sekalipun tidak seperti burung perkutut yang memang sangat tahan dengan panas matahari.

Dan berikut adalah beberapa cara untuk mengantisipasi dan mengkondisikan agar burung Cucak Ijo tetap fit selama musim hujan:
  1. Tetap yang pertama adalah agar mengurangi volume mandi.
  2. Penambahan extra fooding (EF), seperti jangkrik agar dilebihi sekitar 2-3 ekor  setiap pagi dan sorenya, pemberian ulat hongkong maupun ulat jerman juga demikian dan juga kroto agar diberikan tambahan dari perawatan harian biasanya.
  3. Pemberian MultiVitamin adalah faktor yang tidak boleh diremehkan terutama yang menyangkut agar burung tetap fit selama musim hujan, banyak direkomendasikan oleh  pakar kicau mania seperti yang banyak di muat di internet. Jika pada hari-hari biasanya sebelum musim hujan kita kurang memperhatikan multivitamin, hendaknya dalam musim hujan agar diperhatikan.
  4. Usahakan, apabila kita termasuk orang yang dalam kesehariannya di rumah, ketika muncul sinar matahari kapanpun munculnya, segerakan jemur burung walau hanya sebentar.
  5. Pada saat hujan turun, apabila di luar rumah cuaca dingin dan burung terlihat kedinginan, lebih baik burung dimasukkan ke dalam rumah agar lebih hangat dan apabila setelah dimasukkan ke rumah burung masih terlihat diam saja, memekarkan bulu-bulunya dan mata terpejam, alangkah lebih baiknya lagi burung dikeredong.

Demikian sedikit tips perawatan burung selama musim hujan agar tetap sehat dan fit.

Semoga Bermanfaat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...