CARA MERAWAT JALAK SUREN SELAMA MUSIM HUJAN AGAR TETAP FIT

Blog Si Petani – Beberapa artikel yang sudah dishare oleh para pakar kicau mania tentang bagaimana cara marawat burung agar tetap sehat dan fit selama musim hujan. 

Demikian juga yang akan disampaikan pada artikel berikut adalah tips cara merawat Burung Jalak Suren agar tetap sehat dan fit selama musim penghujan:


  1. Jika pada musim kemarau setiap pagi dan sore burung kita mandikan bahkan setelah di mandikan pun terkadang burung masih nyebur ke bak mandi, namun pada musim hujan agar mengurangi volume mandi, bahkan ketika kita akan memandikan pada keramba mandi agar dikurangi volume airnya.
  2. Penambahan extra fooding (EF), yaitu perlu diberikan tambahan porsi jangkrik antara 2-3 ekor setiap pagi dan sore, perbanyak porsi ulat hongkong, dan juga bisa ditambahkan kroto.
  3. Pemberian MultiVitamin adalah faktor yang tidak boleh diremehkan terutama yang menyangkut agar burung tetap fit selama musim hujan, banyak direkomendasikan oleh  pakar kicau mania seperti yang banyak di muat di internet.
  4. Usahakan, apabila kita termasuk orang yang dalam kesehariannya di rumah, ketika matahari muncul, segerakan jemur burung walau kemunculannya hanya sebentar.
  5. Pada saat hujan turun, apabila di luar rumah cuaca dingin dan burung terlihat kedinginan, lebih baik burung dimasukkan ke dalam rumah agar lebih hangat dan apabila setelah dimasukkan ke rumah burung masih terlihat diam saja, memekarkan bulu-bulunya dan mata terpejam, sebaiknya burung dikeredong saja.
Demikian semoga bermanfaat.
Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar