MEMBUAT SANGKAR BURUNG MENGURANGI BEBAN PENGELUARAN, SEBAGAI PELUANG USAHA UNTUK MENAMBAH PENGHASILAN

damai9 - Harga sangkar burung semakin hari semakin mahal dengan berbagai macam ukuran yang sangat bervariasi model dan juga harganya dengan kualitas yang berbeda-beda tentunya mulai dari harga Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu, Rp 500 ribu bahkan ada yang lebih mahal tergantung jenis bahan, model dan kualitas serta motifnya.

Sebetulnya tidak terlalu susah untuk membuat kandang (sangkar) burung yang kita gunakan untuk burung yang kita miliki.

Sedikit tentang pengalaman di lapangan: Terkadang orang membeli kandang dengan harga yang lumayan mahal sementara burungnya biasa-bisa saja, atau sebaliknya, burungnya mahal tetapi karena fokusnya hanya pada burung dan dananya pun pas-pasan akhirnya menggunakan kandang yang sangat sederhana atau bisa dibilang ala kadarnya saja asalkan ada sangkar, dan terkadang kita juga kurang memperhatikan kenyamanan burung yang kita miliki dengan kurang memperhatikan keseimbangan burung dengan ukuran kandang, padahal hal ini sangat penting, bukan hanya sekedar kadang mahal yang kita perlihatkan tapi lebih penting adalah kenyamanan burung ketika berada di dalamnya.

Pengalaman membuat sangkar burung sendiri dengan peralatan yang sudah disiapkan seperti serut mesin untuk menghaluskan bahan-bahan kayu yang lebih lebar untuk bagian atas dan bawah, gergaji jigsaw untuk lengkungan pada bagian atas sangkar, bor mesin untuk membuat lubang-lubang lidi dan juga bahan-bahan yang sudah banyak disediakan di toko material seperti kayu (list) berukuran 1 x 1 cm yang diperuntukkan sebagai tiang dan kerangkanya, itu semua bisa kita kerjakan sendiri untuk bisa mengurangi biaya pembelian kandang yang seharusnya kita keluarkan Rp 200 ribuan dengan membuat kandang sendiri hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 50 ribuan (lumayan).

Singkat cerita jadilah kandang ukuran p= 40 cm x l= 35 cm x t= 68 cm. “Eeeeh… pas sudah jadi ada kawan main ke rumah, dibayarin dah Rp 90 ribu, kondisi mentah (yang kalo di pasar burung kebayoran lama sekitar Rp 150-180 ribuan dah, ya udah… biarin lah sama temen ini… J).  Maaf belum sempet ambil foto soalnya langsung dibawa sama temen… model kandang mirip sama gambar diatas (gambar diambil dari www.webiklan.com).      

Akhirnya terbesit di pikiran “boleh juga nih produksi kandang sendiri buat di jual, kali aja ada yang mau… kan lumayan… J.

Insya Allah kalo memang sudah sempet produksi dalam jumlah yang lumayan pantas untuk dipasrkan, akan kita share di blog ini, kali aja ada yang mau ... hehehe, namun sebelumnya mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.
Terima kasih,
Salam Damai9
  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...