CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN JALAK NIAS JANTAN DAN BETINA (PENGAMATAN)

damai9 - Pada dasarnya, apabila bisa diidentifikasikan (disamakan) dengan Jalak Kebo sebenarnya bisa dibedakan dengan 80% perbedaan antara yang jantan dan betina dapat diketahui dengan cara mendasar, seperti;

  1. Jika kita amati dari gerakan, biasanya yang jantan lebih gesit dan lebih aggressive jika dibandingkan dengan yang betina (pada burung yang belum terlalu jinak) dan terkadang ketika menyantap makan juga biasanya si jantan lebih rakus. 
  2. Ekor pada jalak nias yang berjenis kelamin jantan biasanya mengumpul pada kondisi standby (diam) sedangkan yang betina biasanya menyebar. 
  3. Dari beberapa  informasi di internet diantaranya paruh berwarna kuning kontras adalah termasuk salah satu cirri-ciri jantan, namun terkadang sedikit ragu, karena terkadang warna kuning pada paruh jalak nias bisa juga disebabkan faktor usia, jadi tergantung usianya dan juga diantara cirri-cirinya yang lain adalah mengelurkan jambul saat bunyi atau berkicau itu juga cirri-ciri jantan. 
  4. Pada burung jantan kicauannya lebih memiliki variasi dibandingkan dengan yang betina yang biasanya hanya monoton saja (pada burung yang masih standard artinya belum memiliki isian kicauan suara burung lain).


Demikian sekedar berbagi pengalaman berdasarkan pengamatan yang pernah dialami mengenai seberapa valid-nya perbedaan antara jalak nias yang berjenis kelamin jantan dan betina dan tentunya mungkin masih banyak lagi cirri-ciri yang lebih mendasar tentang cirri-ciri tersebut.

sumber gambar: dari internet, belum sempat foto jalak nias milik sendiri.


ARTIKEL TERKAIT :


Semoga bermanfaat
Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...