CARA MERAWAT BURUNG YANG BARU BELI DARI PASAR BURUNG AGAR BERHASIL

Blog Si Petani - Ada sebagian dari kawan kicau mania yang mungkin pernah mengalami perasaan kecewa yaitu mengenai pengalaman membeli burung baik dari pasar burung, dari sesama teman penggemar burung ataupun dari penangkaran dan hanya selang berapa hari sejak membeli burung tersebut, 7 hari, 5 hari bahkan hanya selang 3 hari tiba-tiba burung mati.

Perlu diperhatikan mengenai pengalaman tersebut, tidak perlu panik dan tidak usah takut untuk memiliki kembali burung yang kita idamkan.

Jika kita membeli burung dari teman sesama kicau mania itu akan lebih baik jika dibandingkan dengan membeli di pasar burung, namun apabila sudah terlanjur membeli di pasar burung ndak usah risau.

Ada beberapa Cara Merawat Burung yang Baru Beli dari pasar burung:

  1. Yang pertama adalah, kalau kita membeli burung dari pasar biasanya dibungkus menggunakan kertas semen yang diberi lubang angin, itu sangat betul agar selama di perjalanan burung tidak mengalami stress, namun lebih bagus jika membelinya sekalian dengan sangkar/kandangnya dan dikeredong atau jika sempat persiapkan kandang dari rumah. Apabila membawa dengan menggunakan kandang/sangkar maka sangkar yang berisi burung haruslah dikeredong dengan alasan yang sama agar selama di perjalanan burung tidak mengalami stress. Dan jangan lupa selama di perjalananpun burung diberikan pakanan sesuai dengan makanan dimana membeli burung. 
  2. Ketika sudah sampai di rumah, keredong jangan langsung dibuka, biarkan terlebih dahulu sekitar 1-2 jam, setelah itu lalu dibuka dan dianjurkan dipindahkan ke kandang yang tidak terlalu besar, biarkan selama 1-2 jam kandang dibuka dan kemudian dikeredong kembali selama semalam dan itu dilakukan selama 4-7 hari (seminggu). 
  3. Selama dalam pengeredongan, makanan tetap diberikan dengan kualitas yang berprotein, seperti kroto, ulat hongkong, jika burung pemakan buah berilah buah yang segar setiap hari dan jangan lupa untuk minumannya campurlah vitamin dan juga dengan obat anti stress (banyak dijual di took burung), namun burung yang baru dibeli biasanya tidak terlalu langsung mau makan karena masih beradaptasi terlebih dahulu. 
  4. Jangan memandikan burung, sekalipun burung yang baru dibeli dari pasar biasanya kondisinya kotor mulai dari kaki, paruh, bulu ekor, bulu sayap kepala dan hampir seluruh tubuhnya, jika memungkinkan bersihkan terlebih dahulu ala kadarnya (bukan mandi), hanya bagian yang kotor-kotor saja dan jangan sampai terlalu basah atau bisa juga dibiarkan saja, yang penting disiapkan air dalam cepuk ukuran proporsional untuk mandi, karena ketika si burung merasa ingin mandi maka akan mandi dengan sendirinya. 
  5. Dan yang perlu dipikirkan adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap burung artinya jangan sampai burung merasa tidak nyaman, terganggu dengan adanya penggoda yang memang sengaja menggoda atau karena tidak tahu dan hanya sekedar ingin iseng, maka kalo bisa hal seperti itu diusahakan untuk dihindari demi kenyamanan burung. Maka letakkan burung di tempat yang sepi, aman dan nyaman.
Demikian dan semoga bermanfaat.
Salam Damai9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar