TIPS CARA MERAWAT BURUNG PARKIT AGAR RAJIN BERKICAU DAN BANYAK VARIASI ISIAN KICAUANNYA

damai- Bagi penggemar burung terutama burung kicauan, burung parkit mungkin termasuk burung yang dalam urutan nomor ke sekian untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, karena tidak bisa dipungkiri orang terkadang lebih sering memelihara burung yang lebih banyak memiliki variasi suara kicauannya dan sekaligus indah dan asyik bentuk tubuhnya seperti Kacer, Murai Batu, Cucak Hijau, Jalak Suren, Kenari, Cucak Rowo, Cucak Jenggot dan banyak jenis burung lainnya yang lebih banyak dipilih oleh orang seperti sekalipun pada dasarnya harganya murah meriah, dibanding dengan hanya memilih burung yang memang meiliki kelebihan dari segi fisik yaitu variasi warna bulu yang memang sangat beragam warnanya yang ada pada burung parkit ini.

Namun terlepas dari hal diatas, sebenarnya ada keunikan tersediri yang terdapat pada burung parkit jika kita cermati secara benar-benar.

Pada dasarnya burung parkit hampir sama dengan Burung Cinta atau yang lebih kita kenal dengan Love Bird/Labet, namun kenapa perbedaan harganya sangat terpaut jauh antara kedua burung tersebut. Ada kemungkinan karena kepopulerannya, atau mungkin karena mengikuti hobby orang lain atau mungkin ada alasan lain mengapa hal tersebut terjadi.

Terlepas dari semua hal diatas, sebenarnya burung parkit adalah merupakan burung yang sangat asyik dan indah dengan variasi warna yang sangat unik, maka tidak ada ruginya jika kita mencoba berternak dan memelihara burung parkit, karena ternyata parkit juga bisa menirukan suara burung lain sebagaimana burung love bird. Ada pengalaman yang pernah saya lihat pada Tablet seorang kicaumania yang berupa Video yang sempat saya temui di Pasar Burung Kebayoran Lama, ternyata dalam video tersebut seekor parkit yang sangat unik, lincah dengan kicauan yang sangat bervariasi dengan isian kicauan beberapa suara burung lain seperti ada suara kenari, ciblek, kacer betina, dan ada suara lainnya. Itu semua mungkin karena kesabaran si pemiliknya dalam merawat dan memasterkannya dengan teliti dan sabar.       

Perawatan Parkit

Adapun perawatan parkit tidak jauh berbeda dengan perawatan Love Bird, diantaranya pemberian makanan, dan makan yang disediakan biasanya adalah berupa milet, jagung muda, kangkung, toge segar, dll. Sedangkan perawatan lainnya adalah sama dengan perawatan burung jenis lain seperti memandikan, penjemuran, pembersihan kandang, dan juga terutama agar parkit kita banyak variasi suaranya disarankan agar sering dimaster dengan burung lain yang kita harapkan agar suaranya bisa terrekan oleh parkit milik kita.


BACA ARTIKEL LAIN TENTANG KENARI:
ARTIKEL TENTANG BURUNG CUCAK IJO LAINNYA :
ARTIKEL LAIN TENTANG CIBLEK:

ARTIKEL LAINNYA:


Demikian semoga bermanfaat
Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...