NIGHTINGALE / SIGENDE, CUCAK BATU, KENARI BATU, BURUNG KECIL UNIK NAN INDAH DENGAN PERAWATAN MUDAH DAN HARGA MURAH

damai9 - Terbesit rasa ragu dan was-was untuk membeli burung yang berukuran kecil di pasar burung. Karena setelah sekian kali membeli burung ciblek belum pernah berhasil hidup lebih dari 1 bulan semenjak dari beli, dari mulai yang usianya masih muda/anakan hingga yang menengah selalu saja gagal dan akhirnya sitiap kali ke pasar burung dan mau membeli burung kecil sudah merasa ketakutan terlebih dulu sekalipun padahalan harganya tidak seberapa, namun yang menjadi pokok persoalan kenapa tidak berhasil dan itulah yang masih menjadi rasa penasaran saya dan juga mungkin yang dirasakan sebagian kicau mania yang membaca artikel ini.

Namun lain dengan burung yang saya beli kali ini, ada yang menyebut Cucak Batu, Kenari Batu (kata penjualnya), Gentawis, Nightingale, Singende, pokoknya apapun sebutannya, Alhamdulillah burung ukuran kecil yang sempat saya beli sekitar 2 minggu yang lalu ini (6 April 2014) dengan harga yang cukup murah di bawah 100 rb, saat ini sudah rajin berkicau dengan kondisi sehat, bulu rapih dan sudah ngevoer.

Ternyata tidak terlalu susah memang dalam memproses burung ini, karena sejak dari beli sengaja saya kondisikan burung sebagaimana kehidupan di alam liarnya yaitu dengan memberikan full ulat hongkong dan keroto selama 3-4 hari, kemudian pada hari ke-5 saya campuri dengan voer top**ng mini sesuai dengan saran kawan, dan Alhamdulillah dalam jangka waktu hanya 1 minggu sudah makan voer, waktu yang relative singkat tentunya.

Dengan suaranya yang lumayan unik selain untuk kita nikmati kicauannya bisa juga kita jadikan masteran burung kicauan lainnya dan ada sebagian kawan yang mengatakan bahwa itu memang burung buat masteran.

Adapun perawatan harian setelah berhasil ngevoer seperti sebagaimana perawatan burung-burung lainnya; seperti memandikan, membersihkan kandang, mengganti air minum dengan air matang / air mineral, EF berupa UH dan kroto dan lain sebagaianya.

Demikian share pengalaman dan semoga bermanfaat
Salam damai9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:


    
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...