TERNAK (BREEDING) JOSAN VS JOSAN ANAKAN BISA WARNA PASKUN

damai-9. Disaat ramainya para penggemar burung yang diantaranya hingga ke tahap berlomb-lomba menangkarkan (breeding) lovebird, bangga rasanya jika bisa breed lovebird dengan species mahal seperti misalnya; jenis biola, parblue dan lain-lainnya.

Sebagai pembreeding yang masih bisa dibilang pemula, 1 atau 2 hingga generasi ke 3 kali produksi pun sudah Alhamdulillah banyak bersyukur sekalipun baru mempunyai 4 - 5 pasangan saja, artinya pada saat berhasil menernakkan dan berhasil dengan tahapan-tahan yang sempurnya dari sejak mulai penjodohan hingga tahap terakhir membesarkan dan bahkan menjual anakan-anakannya.

Baca juga : Penyebab dan Cara Menyikapi Lovebird Macet Bunyi 

Yang akan dibahas di sini sebenarnya lebih focus pada warna indukan yang kita jodohkan untuk breeding. Terkait judul di atas, tidak sedikit orang yang agak sedikit memandang beda bahkan bisa dibilang agak meremehkan dengan pasangan lovebird yang kita rawat dan kita jodohkan apalagi hanya sekedang pasangan warna jantan dan betinanya sama-sama hijau (josan x Josan).  Namun demikian sebagaimana judul di atas “TIDAK USAH MINDER WALAU HANYA TERNAK JOSAN X JOSAN”, hal tersebut sudah saya alami sendiri, memang pasangan percobaan pertama kali yang saya miliki adalah pasangan Josan vs Josan. Memang semula agak sungkan, namun namanya juga pada saat itu masih dianggap sebagai pemula dalam hal breeding lovebird, makanya tidak salah walau hanya sekedar warna standar saja bahkan bisa dibilang warna paling standard.

Yang membuat perasaan senang dan bertanya-tanya, setelah sekian generasi dari anakan yang dilahirkan oleh pasangan Ijo Standar dan Ijo standard (Josan vs Josan) ternyata keluar warna Pastel Kuning  (Paskun) sebagaimana gambar di bawah, hal yang langka tentunya. Itulah keunikan.


Beberapa bulan lalu sempat juga ada seorang kawan yang menceritakan pengalamannya terkait breeding lovebird, pasangan jodohan yang dimilikinya Josan x Josan, tetapi uniknya warna anakan yang dihasilkan dari 3 ekor anakannya, ada 2 ekor Lutino dari anakan tersebut, tentunya hal yang jarang terjadi namun kenyataanya hal tersebut terjadi dan dibuktikan juga dengan yang saya alami sendiri ternak lobird dengan pasangan Josan x Josan (dark green) dan menghasilkan warna paskun.

Itulah …..