PENYEBAB LOVEBIRD MACET BUNYI DAN CARA MENYIKAPI LOVEBIRD MACET BUNYI

damai-9. Gundah gulana kita rasakan saat mengetahui Lovebird kesayangan kita tiba-tiba berhenti mengeluarkan ekekan yang biasanya disuarakan. Berbagai cara kita upayakan untuk memulihkan kembali kondisi seperti sedia kala, entah itu dengan bertanya kepada sesama kawan pecinta Lovebird, sibuk mencari artikel yang membahas tentang bagaimana cara merawat Lovebird yang tepat dan lain sebagainya.

Ada beberapa penyebab untama yang mengakibatkan Lovebird berhenti bunyi / ngekek. Diantaranya adalah:

1. Stress

Sudah barang tentu efek dari stress berakibat pada burung yang semula rajin menjadi tidak mau bunyi, ini terjadi pada burung apa saja dan sering kita jumpai. Jika stress terjadi pada Lovebird, biasanya burung dengan sendirinya akan mencabuti bulu-bulunya. Stress banyak penyebabnya, antara lain; kandang jatuh, ganti kandang, sekalipun tidak terlalu berpengaruah tetapi berefek juga, lingkungan rumah yang berubah menjadi tiba-tiba berisik di bandingkan hari biasanya, adanya hewan pengganngu, seperti anjing, kucing, tikus dan lain sebagainya.

2. Sakit

Dalam kondisi sakit, sudah barang tentu Lovebird akan malas bunyi, karena secara mental, burung lebih baik akan mengkondisikan dirinya agar kembali fit dari pada harus melakukan nyanyian yang diperdengarkan. Sakit pada Lovebird bisa terjadi akibat perawatan yang kurang sesuai, seperti makanan yang seharusnya diberikan yang tidak terpenuhi, baik makanan hariannya maupun EF dan multivitaminnya, kebersihan kandang, mandi dan proses penjemurannya yang tidak diperhatikan dengan teratur dan lain sebagainya, untuk itu perawatan menjadi faktor utama agar burung tetap sehat dan fit terutama penjemuran yang terkadang agak sedikit kurang diperhatikan. Silahkan baca : Cara Merawat Lovebird Agar Tetap Fit dan Cepat Ngekek Panjang

3. Mabung

Mabung (molting) adalah proses yang terjadi pada setiap burung yang ditandai dengan rontoknya bulu-bulu lama yang berganti dengan tumbuhnya bulu-bulu baru. Pada kondisi seperti ini Lovebird biasanya malas berbunyi. Namun ada sebagaian burung masih tetap rajin bunyi dan berkicau pada saat mabung. Cara menyikapinya adalah tetap biarkan proses mabung berjalan secara alami, namun demikian kondisikan nutrisi makanan pada saat Lovebird mabung tetap harus lebih dijaga dengan benar.

4. Birahi

Birahi yang tidak pas juga termasuk salah satu penyebab Lovebird malas bunyi, sekalipun bunyi biasanya tidak stabil. Banyak cara yang dilakukan saat kondisi burung sedang over birahi ataupun kurang birahi. Menurut pendapat dari salah seorang Lovebird mania, pada saat Lovebird over birahi, hetikan pemberian kangkung dan biji kuaci, karena kangkung mengandung zat yang dapat menaikkan birahi Lovebird secara signifikan. Dan sebaliknya, jika Lovebird kurang birahi maka beberapa makanan pantangan saat over birahi perlu diberikan dengan takaran yang tepat tentunya. Silahkan bisa baca : Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi dan Ciri-ciri Lovebird Over Birahi

Kesimpulan : Perawatan Lovebird secara tepat seperti pemberian makan yang sesuai, mandi & jemur teratur, kebersihan kandang, lingkungan sekitar yang mendukung dan didukung pemberian EF & multivitamin yang benar merupakan factor penting dalam mencetak Lovebird berkualitas.

ARTIKEL LAINNYA:
Demikian dan semoga bermanfaat. Salam www.damai-9.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...