KELEBIHAN BURUNG USIA MUDA LEBIH MUDAH PROSES NGEVOER DAN PENJINAKAN / CARA MERAWAT BURUNG CIBLEK GUNUNG AGAR CEPAT JINAK DAN NGEVOER

damai-9. Tidak terkecuali burung apapun, jika kita merawat dari sejak masih usia muda baik lolohan ataupun usia masih anakan, pasti akan lebih mudah cepat jinak dibandingkan dengan apabila kita merawat burung bahan dengan kondisi yang sudah usia dewasa.

Baca juga : Cara Merawat Ciblek Agar Cepat Ngevoer dan Jinak

Untuk statement di atas mungkin semua orang terutama para kicau mania akan setuju dengan pendapat tersebut. Terlebih apabila mereka sudah pernah mengalaminya sendiri, pasti banyak kata sepakat dengan yang disampaikan ini.

Perlu digarisbawahi, usia muda tidak bisa disamakan dengan bahan, karena muda belum tentu bahan tapi memang usia muda lebih cenderung masih bahan, demikian juga burung bahan belum tentu usianya muda, karena banyak sekali di pasaran burung bahan yang sudah berumuran dewasa seperti contoh yang paling mudah kita lihat “Cucak Ijo” yang sudah nopeng artinya sudah keluar warna hitam di lehernya, ketika masih bahan orang tidak akan berani membayar dengan harga mahal, paling maksimal Rp 800 ribu, namun jika burung sudah jadi apalagi sudah gacor dan pernah ikut “Kondangan” itu harganya pasti sudah mencapai Rp 1, __ (Satu koma), entah komanya berapa … hahahah, apalagi jika pulang membawa “Tentengan”  pastilang akan lebih tinggi lagi harganya, bisa mencapai 2 jutaan bahkan bisa juga hingga 3 jutaan lebih.

Terkait dengan hal di atas, maka dianjurkan, apabila kita membeli burung, burung apa saja yang kita beli selain burung dengan kondisi yang sudah jadi, maka sebaiknya pilihlah burung dengan usia masih muda, karena pada usia muda burung lebih mudah dalam proses pengevoerannya maupun proses penjinakannya, namun dengan catatan “kondisi burung dalam keadaan sehat dan fit”.

Cerita sedikit atas pengalaman seorang kawan, sebut saja “Bang Idin” , kicau mania asal Tanah Abang.

Selesai sholat Dzuhur di masjid deket tempat kerja, sebelum makan siang, terlebih dahulu ngobrol ringan dengan beliau, dan yang dibahas tentunya tidak jauh dari hal burung... heheh. Sekedar membahas tentang burung-burung rawatannya termasuk diantaranya adalah Ciblek Gunung miliknya yang belum sampai 1 minggu sudah mau makan voer. 

Belum genap satu minggu membeli ciblek gunung bahan sebagaimana di gambar dalam kondisi masih anakan, dalam rawatannya sudah ngevoer dan sudah mulai rajin bunyi. Pendapat yang disampaikan oleh beliau terkait hal ini adalah “Membeli burung  usia muda akan lebih mudah memproses ngevoer dan proses menjinakkannya”.  itulah kata-katan yang paling mendasar yang beliau katakan. Sebagaimana yang disampaikan di atas, tidak salah apa yang disampaikan oleh bang Idin tersebut.

Sebagai bahan referensi saja, tidak ada salahnya jika suatu saat kita membeli burung usahakan membeli dengan kondisi yang masih muda, namun semua itu kembali kepada kita masing-masing, karena ini hanya sebagai referensi saja dan tidak mutlak harus dilaksanakan.
Demikian sekilas info dan semoga bermanfaat. Salam damai-9.com


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...