PENGALAMAN MEMBELI DAN CARA MERAWAT BURUNG KANCILAN EMAS / KANCILAN BAKAU / BIMOLI

damai9 - Sebagaimana yang pernah saya tulis pada artikel sebelumnya tentang membeli burung kecil dari pasar yang cepat proses pengevoeran yang bisa dibaca disini.


Kali ini sedikit berbeda dengan jenis burung pada artikel sebelumnya. Untuk kali ini ukuran burung agak sedikit lebih besar namun dengan cirri fisik yang hampir sama. Orang banyak menyebutnya Kancilan Bakau, ada juga yang menyebut Kancilan Emas dan ada pula yang bilang kalo ini adalah burung Bimoli. Terserah apa saja lah yang penting tenyata burung ini juga lumayan untuk dipelihara sebagai burung yang lumayan langka dan masih jarang penghobi burung yang mencoba merawatnya.


Sama dengan artikel tentang burung kaso-kaso, cucak gentong, ternyata tidak terlalu susah memang dalam memproses burung ini, karena sejak dari beli sengaja saya kondisikan burung sebagaimana kehidupan di alam liarnya yaitu dengan memberikan full ulat hongkong dan keroto selama 3-4 hari, kemudian pada hari ke-5 saya campuri dengan voer top**ng mini sesuai dengan saran kawan, dan Alhamdulillah dalam jangka waktu sekitar 1 minggu – 10 hari sudah mau makan voer. Dan beda dengan artikel sebelumnya, kalo yang ini tambahan EF dengan memberikan jangkrik 2-3 ekor pagi dan sore, karena memang dari segi fisik juga lumayan lebih besar (hampir sebesar cucak ijo mini lebih besar sedikit).

Dengan suaranya yang lumayan unik selain untuk kita nikmati kicauannya bisa juga kita jadikan masteran burung kicauan lainnya dan ada sebagian kawan yang mengatakan bahwa itu memang burung buat masteran seperti untuk memaster murai batu dan juga burung lainnya.

Perawatan harian setelah berhasil ngevoer seperti sebagaimana perawatan burung-burung lainnya; seperti memandikan, membersihkan kandang, mengganti air minum dengan air matang / air mineral, EF berupa UH dan kroto + Jangkrik.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

Demikin dan semoga bermanfaat
Salam damai9
 
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...