CARA MEMBEDAKAN ANIS KEMBANG JANTAN DAN BETINA SECARA DETAIL

damai– Perlu berhati-hati dan teliti serta perlu belajar terlebih dahulu untuk mengetahui apa jenis kelamin burung yang akan kita beli jika kita ingin membeli burung baik di pasar burung ataupun di toko burung dan perorangan, tetapi biasanya jika kita membeli burung di toko burung akan diberitahukan apakah burung yang akan dijualnya tersebut berjenis kelamin jantan ataukah betina. Berbeda dengan ketika kita membeli di pasar burung dan perorangan yang terkadang sering membuat kita terkecoh.

Pada saat berkunjung ke pasar burung untuk membeli burung yang memang semula sudah direncanakan dari rumah untuk dibelinya yaitu Anis Kembang, kebetulan sesampai di pasar Burung dan tertuju pada seorang pedagang yang tersedia burung Anis Kembang, namun secara garis besar kita belum terlalu faham berjenis kelamin apakah burung yang akan kita beli tersebut, karena tidak sedikit penjual burung yang mengatakan ketika kita bertanya jenis kelaminnya apa, dengan jelas dan yakin tanpa ragu-ragu si Pedagang menjawab dengan jawaban “JANTAN” padahal sebenarnya si pedagang tersebut sudah faham persis kalo burung yang dia jual sebenarnya betina. Untuk itu sebelum membeli hendaknya kita fahami dulu seperti apakah dan apa saja ciri-ciri burung jantan dan betina terutama burung Anis Kembang tersebut. Untuk sekedar info, coba tanyakan kepada teman ataupun mencari info dari internet tentang ciri-ciri burung yang akan kita beli.  

Memang, bagi kicaumania yang sudah professional tidak sulit membedakan jenis kelamin Anis Kembang jantan dan betina, namun bagi para pemula mungkin agak sedikit bingung cara mengetahui perbedaannya, dan bagaimana cara membedakannya ?

Dan berikut adalah perbedaan jenis kelamin Anis Kembang Jantan dan Betina :

Jantan :
- Warna bulu lebih cerah dan kontras
- Tubuh lebih ramping dan memanjang
- Mata lebih belok dan tajam
- Trotol hitam di bagian dada lebih tertata rapid an sebagian ada yang sejalur sebagaimana di gambar
- Cara berdiri lebih tegak dan kaki lebih rapat serta sejajar
- Terdapat warna bulu warna abu-abu di bagian pantatnya
- Sekalipun masih anakan, biasanya dalam posisi standby sudah negriwik halus

Betina :
- Warna bulu agak kusam
- Tubuh bulat (bentek)
- Mata tidak terlalu menonjol dan sayup
- Trotol hitam di bagian dada tidak teratur
- Cara berdiri tidak tegak dan kaki melebar dan pada bagian atas dan bawah tidak sejajar
- Pada saat sudah dewasa, jika sedang birahi, jika melihat si jantan yang sedang berkicau, akan mengeleperkan sayap sebagai pertanda bahwa dia siap kawin.

“Sebagai pengalaman pribadi, pada saat akan membeli burung Anis Kembang di awal masa akan mulai menggemari burung, yang menurut si penjualnya adalah jantan namun karena masih ragu, Alhamdulillah sempat dibisikin oleh pengunjung lain di sebelah saya bahwa burung tersebut adalah betina”. Untung belum dibeli.   

Demikian penjelasan tentang perbedaan Anis Kembang Jantan dan betina sebagai rujukan dan referensi apabila kita akan membeli burung Anis Kembang agar tidak salah beli. 
 
Demikian dan semoga bermanfaat

Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...