CARA MERAWAT BURUNG KACER TROTOL (BAHAN) AGAR CEPAT GANTI BULU

Sudah barang tentu menunggu adalah hal yang membuat jenuh dan tidak semua orang sabar dalam hal menunggu, padahal baru sebentar dikatanya udah lama … hehehe… hingga ada pepatah mengatakan “Menunggu adalah hal yang paling menjengkelkan”. Tak ubahnya dengan menunggu proses mabung/ganti bulu burung Kacer dari kondisi trotolan ke bulu remaja atau dewasa. Karena dalam kondisi burung masih trotol, sekalipun sudah sering kita dengar suaranya baik ngeriwik ataupun ngeplongnya dari burung tersebut masih berantakan, artinya tetap saja burung tersebut termasuk burung yang bisa dikatakan burung presasti dengan prospek bagus. Namun secara display tetap kurang enak dipandang jika kondisinya masih demikian. Untuk itu akan lebih asyik lagi dilihat sambil menunngu dan memproses hingga menjadi dewasa, maka tentunya proses merubah dari bulu trotol menjadi bulu asli selayaknya dilakukan tanpa harus menyakiti si burung.

ARTIKEL LAIN TERKAIT BURUNG KACER :

Ada pengalaman dan info dari kawan, proses ganti bulu trotol ke dewasa yang dilakukan dengan cara mencabuti bulu trotol agar segera ganti bulu dewasa, tetapi hal demikian sepertinya kurang enak untuk dilakukan dan terkesan tidak alami, disamping itu juga sedikit menyiksa burung, untuk itu ada cara agar proses ganti bulu lebih cepat dengan cara alami tertutama pada Burung Kacer yang masih trotolan, antara lain:

Pengalaman Pribadi:
1. Jika pada keseharainnya biasa kita berikan jangkrik cukup 4-5 ekor maka dalam proses ini, berikan jangkrik sebanyak 10 – 15 ekor pada cepuk setiap hari. Memang sedikit mengeluarkan modal lebih banyak, tapi itulah modal awal, karena dengan memberikan jangkrik banyak maka asupan nutrisi juga banyak sehingga mempercepat proses pertumbuhan si burung, demikian juga dengan pemberian ulat hongkong, jika biasanya hanya 3 – 4 ekor, dalam proses ini, berikan 8-10 ekor, karena dalam UH pun terdapat protein untuk mempercepat proses ini. dan juga berikan kroto, tetapi sebenarnya dengan jangkrik 10 – 15 ekor per hari dan UH 8 – 10 ekor per hari juga sudah cukup untuk memperoses dengan cepat.
2. Mandikan secara rutin setaiap hari, karena dengan mendi setiap hari, bisa melenturkan dan melembebkan kondisi kulit sehingga mempermudah dalam proses penggantian bulu.
3. Letakkan / gantang burung di tempat yang sepi jika burung belum jinak dan dikrodong ¾ bagian, tetapi jika burung sudah jinak, di tempat ramaipun tidak masalah.

Demikian dan semoga bermanfaat. Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...