CARA MERAWAT NURI KEPALA MERAH / KASTURI AGAR RAJIN BUNYI, TETAP AKTIF DAN BISA MENIRUKAN PERCAKAPAN ORANG DAN HARGA NURI KEPALA MERAH

damai– Sudah banyak dijelaskan di berbagai sumber di internet tentang bagaimana cara merawat burung Nuri ataupun Kasturi agar tetap aktif, rajin bunyi dan juga dapat menirukan suara percakapan orang.

Pada dasarnya, burung yang satu ini adalah merupakan salah satu burung yang dilindungi oleh pemerintah, namun di beberapa wilayah banyak juga yang memelihara sekedar disebabkan karena hobi ataupun memang sengaja memelihara selain hobi namun karena ada target untul melestarikannya dengan cara menangkarkannya (breeding) untuk menjaga agar tidak terjadi kepunahan. Dan hendaknya bagi kita sebagai kicaumania sudah sepantasnyalah selain memelihara hanya sekedar sebagai hobi saja namun akan lebih dianjurkan untuk melestarikan burung-burung yang sudah langka di habitatnya termasuk salah satu diantaranya adalah burung Nuri ini. Dengan menangkar burung ini maka akan mendapatkan berbagai keuntungan dan manfaat, selain secara financial, tentunya yang pasti membantu pemerintah dalam melestarikan hewan-hewan langka yang memang dilindungi oleh pemerintah agar tidak terjadi kepunahan, demikian juga jika kita berhasil dalam proses menagkarkan burung tersebut pastinya yang tidak bisa dinilai dari segi materi adalah rasa kepuasan tersendiri bagi kita. 



Nah, dalam hal perawatan agar burung Nuri rajin bunyi, tetap aktif dan bisa menirukan suara percakapan orang adalah, karena burung Buri merupakan salah satu burung pemakan buah dan biji-bijian, maka hendaknya berikan makan yang sesuai di alamnya yang sangat mudah ditemukan.

Beberapa sumber memberikan saran selain jagung muda yang diberikan, berikanlah buah-buahan yang berasa manis seperti apel, pear, melon, anggur, smangka dan buah-buahan manis lainnya, perlu juga diberikan biji-bijian seperti kuaci. Untuk pemberian buah yang berukuran besar, alangkah baiknya potong-potong buah dengan ukuran kecil untuk mempermudah pada saat mengkonsumsinya. Pada saat kita sempat berlibur di suatu tempat pernah juga kita melihat burung jenis paruh bengkok ini diberikan kuaci oleh para pengunjungnya, demikian itu memang yang dibutukan oleh burung sebagai nutrisi tambahan selain buah-biahan. Selanjutnya berikan juga air minum matang atau bisa juga dengan air mineral atau air isu ulang.

Selanjutnya, sekalipun Nuri bukan termasuk burung yang tahan terhadap panas, tetapi penjemuran tetap diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan vit walaupun hanya sekedar berapa lama.

Sementara agar bisa menirukan percakapan orang, hendaknya dekatkan kandang jika kandang duduk, dengan ruang keluarga, atau jika kandang gantung, gantunglah pada ruangan yang sering banyak orang bercakap-cakap, atau jika sempat seringlah diajak dialog untuk melatih ketangkasannya. 

Harga Nuri Kepala Merah, di berbagai tempat masing-masing berbeda dan dengan berbagai kondisi yang berbeda pulan tentunya. Pada kondisi muda hutan kisarannya antara Rp 500 ribu - Rp 700 rb, jika sudah mulai jinak kisaran harganya Rp 900 rb - 1,3 jt, dan jika sudan bisa menirukan suara percakapan orang, harganya bisa Rp 3 juta lebih. Semoga bermanfaat. Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...