MANFAAT PENJEMURAN BAGI BURUNG KACER DAN SOLUSI JIKA MATAHARI TIDAK NAMPAK SEHARIAN

damai-9. Pengalaman pribadi. Akibat terbengkalai dengan kesibukan keseharian harus berangkat pagi pulang sore, atau kalo kata orang, “Berangkat gelap pulang gelap”, hehehe…

Ketika ketemu dengan hari-hari sibuk bekerja yang mewajibkan harus berangkat lebih “puagi….” kata tersebut menunjukkan berarti lebih pagi dari sekedar pagi secara umum, karena standard pagi kan sekitar jam 7-8 an dah, lah kalo puagi berarti sebelum jam 7, kurang lebih demikian.

Jika harus berangkat kerja pada sekitaran jam tersebut sementara sebelum berangkat kerja harus terlebih dahulu ngurusin dan nyiapin anak-anak dan selanjutnya ngantar anak-anak ke  sekolah, lantas jam berapa kita bisa ngurus burung pada pagi hari ? apalagi untuk menjemurnya… sedangkan matahari baru keluar dan mulai terasa hangat pada sekitar jam 7-an, sudah barang tentu satu pekerjaan dalam hal perawatan burung khususnya untuk penjemuran jelas tidak bisa dilakukan, nah apabila hal ini terjadi selama satu minggu saja, sudah barang tentu bisa berimbas pada kurangnya tingkat kesehatan dan kesegaran yang terjadi pada burung kacer itu sendiri dan juga burung lainnya tentunya. Apalagi jika kondisi musim hujan pada saat sekarang ini.

Untuk itu, demi kesehatan dan kondisi normal serta fit yang dirasakan oleh burung kacer milik kita, usahakan jika memang posisi kita sedang berkerja, apabila pas ada panas matahari jam berapapun itu, mintalah tolong orang yang berada di rumah entah anak-anak atau istri kita untuk mengeluarkan burung kacer milik kita agar dijemur walau sesaat. Karena dengan penjemuran matahari sangatlah bermanfaat sekali buat burung, jangan di anggap remeh proses penjemuran tersebut.

Setidaknya dalam seminggu kita berkerja pastilah ada hari liburnya entah Sabtu atau Minggu atau kedua-duanya, maka pada kesempatan itu, jika ada panas matahari segeralah keluarkan dan jemur burung dengan membuka kerodong hingga asupan sinar matahari cukup menghangatkan badan si burung tersebut.

Cara menyikapi apabila memang berhari-hari matahari tidak menampakkan diri, maka jalan yang bisa dilakukan adalah, dengan memberikan banyak Ulat Hongkong (itu yang saya lakukan) dan juga dengan mengkerodong burung dengan kerodong yang lebih bisa membuat hangat si burung. Sekarang banyak kerodong yang berjenis bahan lebih tebal yang bisa membuat lebih hagat bagi si burung dan labih baik gantung saja di dalam ruangan. Selain itu jika ruangan terasa lebih dingin, untuk membuata ruangan lebih hangat, nyalakan lampu untuk memberikan tambahan Susana udara lebih hangat dalam ruangan.

Demikian dan semoga bermanfaat. Salam damai-9

ARTIKEL LAIN TERKAIT BURUNG KACER :


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...