JENIS BURUNG YANG PALING TREND SAAT INI (AWAL – PERTENGAHAN 2016)

damai– Jika pada artikel sebelumnya yang saya tulis tentang Jenis-Jenis Burung yang Dicari Saat ini, maka kali ini mengupdate artikel tersebut adalah tentang Burung-burung yang paling Trend saat ini per aretikel ini ditulis (Mei 2016).

Bagi para penggemar burung (kicau mania) mungkin sudah banyak tahu dan faham burung apa saja yang lagi trend sekarang ini, namun bagi para pemula mungkin belum tahu burung apa saja sih yang yang sedang menjadi trend sehingga tida salah burung apa yang ingin dia beli agar tidak melenceng jauh dan salah beli.

Dan berikut adalah beberapa jenis burung yang paling trend saat ini:    

1. PLECI (KACA MATA)

Jika pada artikel sebelumnya pleci menduduki artikel di No. 3, maka kali ini berdasarkan survey, Pleci menduduki No. 1 berdasarkan peminta. Burung yang satu ini sekalipun bentuk badannya kecil dengan warna bulu yang hampir bisa dibilang tidak ada warna jenis lain kecuali hanya kuning dan hijau lumut dan sedikit hitam, berbeda jika dibandingkan dengan kenari yang sangat beragam warnanya dari mulai kuning, orange, putih, coklat, variasi wanra coklat dan kuning, putih dan banyak warna lainnya, burung ini sekarang juga lagi dalam banyak yang paling digemari oleh banyak orang. Sekalipun kecil, karena dengan keunikan suara ocehannya burung ini pada saat sekarang sangat  sering diikutsertakan dalam lomba burng kicauan. Harga: Saat berkisar antara Rp 100 ribu (bahan dan muda) - Rp 900 ribuan, Rp 1 Juta, 2 Juta, 5 Juta, 10 Juta dan bahkan ada yang mencapai harga Rp 90 juta.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
  
2. LOVE BIRD / LAKBET

Tidak bisa dipungkiri, burung yang satu inipun sudah merambah terkenal sejak beberapa tahuan yang lalu, namun pada beberapa tahun atau beberapa bulan lalu, Lober sempat terjun Bebas dan kini mulai merambah normal kembali dengan harga yang lumayan tinggi, secara sepintas ukuran burung hampir sama dengan burung parkit namun perbedaan harganya sangatlah jauh. Dengan suara yang unik burung ini bisa menarik para penghobi burung untuk ikut memeliharanya baik memang sengaja untuk memiliki untuk dijadikan burung perlombaan ataupun hanya sekedar sebagai hewan peliharaan saja.

Harga tidak semahal pada saat tenarnya dulu yang anakannya saja mencapai R 600 ribu untukj jenis standard, namun kali ini dengan uang Rp 250 ribu sudah bisa memeiliki burung ini dengan umuran sekitar 2 – 3 bulanan.

Namun adan jenis tertentung yang harganya bisa mencapai puluhan Juta, sepeti Love Bird Biola.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:


3. CUCAK IJO

Sesuai dengan namanya Burung Cucak Ijo memiliki warna dominan hijau dan sedikit warna hitam pada kepala dan paruh. Banyak terdapat di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Burung ini hidup berkelompok di Hutan, dan terbang dari satu pohon ke pohon lainnya yang tinggi.

Cocak ijo masih bertahan dari zaman ke zaman dengan harga yang masih bertahan pula sekitarn Rp 700 ribu kondisi masih bahan dan sekitar Rp 1 jutaan untuk burung yang sudah lumayan jadi. Tergantung jenis dan asalnya pula harga bisa membedakan burung ini.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:
  
4. MURAI BATU

Burung murai batu adalah burung berkicau cerdas terbaik yang sangat banyak penggemarnya. Burung murai batu disukai karena elegan dari penampilan dan suaranya serta gayanya yang gagah dengan penampilan mempesona serta hebatnya lagi bisa menirukan suara burung-burung lainnya tanpa meninggalkan suara khasnya. Dan hingga saat ini juga termasuk burung yang tetap digandruni dan masih menduduki peringkat tinggi tanpoa tergeser sedikitpun,

Bahkan dengan semakin naiknya Murai batu jenis Borneo maka semakin naik pula trend Murai batu.

Jenis-jenis burung Murai Batu dan asal Murai Batu yang banyak dikenal di Indonesia adalah Murai Batu Medan (Sumatera), Murai Batu Aceh, Murai Batu Lampung, Murai Batu Lahat, Palangka, Murai Batu Jambi dan Murai Batu Kalimantan (Borneo). Suara Murai Batu sangat merdu dan bervariasi. Murai Batu terutama yang sangat terkenal yaitu murai batu Medan adalah salah satu burung penyanyi terbaik yang diakui oleh dunia.

Dari segi harganyapun bervariasi. Kisaran harganya pun masih stabil tergantung jenis dan asalnya: Rp 600 ribu - Rp 3,5 juta dan jika sudah gacor, sudah ikut kontes dan bahkan mendapat kategori juara harga bisa sampai Rp 40 juta bahkan bisa lebih

ARTIKEL TERKAIT:


5. JALAK SUREN

Demikian pula untuk Jalak Suren. Jalak Suren berukuran sedang sekitar 24 cm. Bulunya berwarna hitam dan putih. Bagian yang berwarna putih seperti dahi, pipi, garis sayap, tunggir dan perut. Sedangkan bulu di dada, tenggorokan, dan tubuh bagian atas berwarna hitam (coklat pada remaja). Iris mata burung jalak suren berwarna abu-abu. Kulit tanpa bulu disekitar mata berwarna jingga. Paruhnya berwarna merah dengan ujung putih. Sedangkan kaki berwarna kuning. Suaranya seperti teriakan yang ribut, sumbang dan riang. Biasanya burung yang hidup dalam kelompok kecil ini menghuni daerah terbuka dekat pemukiman di dataran rendah. Kebanyakan mencari makan di atas tanah, yaitu cacing dan satwa kecil lainnya. Bergabung dalam kelompok ketika beristirahat pada malam hari.

Jalak Suren ada 2 jenis yaitu Jalak Suren Jawa dan Jalak Suren Malaysia, di pasarn harga Jalak Suren Jawa lebih mahal dan lebih memiliki variasi kicauan dibandingkan Jalak Suren Malaysia.

Harga Jalak Suren Jawa : bantara Rp 400 ribu (bahan dan bakalan) - Rp 1.200 ribuan (tergantung kualitas) sedangkan Jalak Suren Malaysia antara Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu (kondisi sudah rajin dan gacor).

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

Sedangkan beberapa jenis burung lainnya, seperti; Kacer, Kenari yang sempat menjadi trend dan termasuk burung yang paling diunggulkan dalam berbagai perlombaan pada saat sedang jaya-jayanya, tetapi saat ini harus bersedia untuk mengalah mundur karena kalah trend dengan pendatang baru lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan terkenal kembali sebagaimana yang terjaji pada Love Bird saat ini.

Begitu juga burung lainnya seperti; Pentet, Branjangan, Ciblek, Prenjak, berbagai Jenis Anis, Cipow, berbagai jenis Poksay, Tledekan, dan lain-lainnya tetap menjadi burung yang masih dicari orang namun tidak se tenar burung yang menjadi trend saat ini. Namun untuk Branjangan pada khususnya, sempat beberapa minggu ini ada info bahwa Branjangan mulai beranjak naik berkat terdapat komunitas branjangan yang dibentuk oleh para penggemar Branjangan.

Tidak terkecuali burung legendaris seperti; Robin, Panca Warna, Wambi, Poksay tertentu, Cucak Rowo, tetap masih menjadi burung yang tidak bisa dilupakan dalam sejarah perburungan.

Dan yang masih menjadi saran buat penghobi burung sekalipun sebenarnya memiliki banyak ocehan dan bisa memeriahkan suasana di pagi hari adalah burung Kutilang yang hingga saat ini masih dianggap sebagai burung musuh terutama bagi pemilik Murai batu dan juga burung-burung lainnya.

Demikian dan semoga bermanfaat. Salam damai9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...