CARA MERAWAT KOLIBRI NINJA AGAR RAJIN BUNYI DAN CEPAT GACOR

Pada saat artikel ini kami tulis (28 Oktober 2015), untuk sekedar tahu saja dan semoga tidak salah, pada saat ini yang sedang booming yang banyak diminati oleh para penggemar burung kicauan adalah Pleci karena memang tidak bisa dipungkiri dari segala penjuru peminat dari kalangan bawah, menengah hingga level atas pun banyak yang bermain burung yang berukuran hampir sebesar jempol tangan ini. Pleci memang burung murah meriah, dengan bahanan seharga Rp 30 ribuan namun ketika sudah jadi harganya bisa menjadi 5, 10, 20  kali lipat bahkan bisa lebih,  dan bahkan jika sudah memiliki sertifikat dan sempat menjuarai pada suatu perlombaan harganya bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah sebagaiman yang pernah dimuat pada artikel sebelumnya yang bisa dibaca disini, tetapi perlu diingat bahwa sekalipun murah, burung pleci tidak bisa dianggap sebagai burung murahan.

Namun sebenarnya bukan pleci yang akan dibahas disini tetapi burung lain yang saat ini juga sedang banyak sekali peminatnya dengan ukuran fisik yang tidak terlalu beda jauh besarnya dengan pleci yaitu burung Kolibri, dan kali ini akan kami sampaikan Tips dan Cara Merawat Kolibri Ninja agar Rajin Bunyi dan Cepat Gacor.

Sebelum mambahas tentang tips dan caranya, terlebih dahulu kami informasikan bahwa ada beberapa jenis burung kolibri di Indonesia, dengan bentuk dan postur tubuh dengan ukuran yang tidak jauh berbeda, kecuali kolibri kelapa yang memang agak sedikit lebih besar dibandingkan dengan kolibri lainnya.

Berdasarkan jenisnya ada beberapa jenis burung kolibri diantaranya;

Kolibri Ninja, Kolibri Wulung (Pelangi), Kolibri Kelapa, Kolibri Hitam (Sulawesi), Kolibri Jawa (Trocok Jantung/Sogok Ontong), Kolibri Gunung, Kolibri Tasik, Kolibri Sepah Raja, dan masih ada lagi jenis kolibri yang tidak disebutkan disini.


Cara Memilih Kolibri Ninja Yang Berkualitas

Adapun Tips dan Cara Merawat Kolibri terutama Kolibri Ninja agar Rajin Burnyi dan Cepat Gacor adalah sebagai berikut:  

Langkah pertama adalah pilih burung yang berjenis kelamin jantan, untuk kolibri ninja akan bisa terlihat jantan jika sudah dewasa minimal sudah tumbuh trotol warna metalik pada bulu-bulunya, dan untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin jantan dan betina burung Kolibri Ninja akan disampaikan pad artikel berikutnya.
- Cari burung dengan kondisi sehat, gesit, lincah dan mata cerah
- Pilih burung yang berwarna contrast dan cerah 

Sangkar / Kandang yang Cocok untuk Kolibri Ninja

Kolibri adalah burung yang berukuran sangat kecil dan mungkin paling kecil diantara jenis kolibri lainnya, untuk itu dalam merawat kolibri Ninja tidak dibutuhkan kandang/sangkar yang berukuran terlalu besar, lain halnya dengan burung kenari sekalipun burung berukuran tidak terlalu besar tetapi untuk keleluasaan gerak dalam sangkar kenari membutuhkan kandang yang lumayan besar. 

Banyak para kicau mania menggunakan sangkar yang terbuat dari besi/kawat dalam merawat Kolibri Ninja, untuk sekedar tahu saja, sebenarnya akan lebih bagus jika cukup menggunakan sangkar dengan bahan kayu sebagaimana sangkar pleci baik ukuran maupun bahannya.


Tips dan Cara Merawat Kolibri Ninja agar Rajin Bunyi dan Cepat Gacor

Perawatan Kolibri Ninja agar Rajin Bunyi dan Cepat Gacor adalah sebagai berikut:

1. Pada pagi hari setelah subuh, keluarkan burung dengan tujuan diembunkan hingga keluar sinar matahari menghangatkan tubuhnya.

2. Setelah itu, sekitar pukul 7 mandikan burung Kolibri  dengan semprot/sprey atau bisa juga dengan cepuk mandi. Selesai mandi gantung di teras dan diangin-anginkan selama + 15-20 menit

3. Setelah diangin-anginkan, jemur kira-kira 1-2 jam, selesai dijemur angkat kembali Kolibri  dan taruh ditempat yang teduh atau teras, berikan makanan berupa kroto, dan sediakan air gula dengan takaran 50 banding 50 pada cepuk ukuran kecil sebagai pengganti nektar (sari pati bunga), bisa juga dengan air susu, dan bisa juga dengan nektar dalam bentuk kemasan botol yang saat ini sudah banyak dijual di toko-toko burung, namun jangan lupa tetap sediakan air putihnya,  .

4. Dan selanjutnya burung dimaster dengan Suara Burung dalam Bentuk MP3 lain sesuai selera yang bisa di-download disini.

Agar bisa mendapatkan hasil maksimal, hendaknya perawatan diatas dilakukan secara routin. 

Makanan untuk Kolibri Ninja

Kolibri Ninja sekalipun sering kita lihat habitatnya lebih banyak di pepohonan namun sekalipun demikian bukan termasuk burung pemakan buah-buahan dan hanya memakan sari bunga/sari madu (nektar) pada bunga pepohonan yang ada dan juga serangga berukuran kecil. Banyak para pakar mengatakan tidaklah mudah merawat Kolibri Ninja dan sejenisnya dengan alasan diatas, namun dengan cara memberikan dan menggantikan serangga ukuran kecil tersebit dengan ulat kandang / ulat kandang ataupun dengan kroto disertai dengan nectar yang bisa kita buat sendiri dengan cara diatas (point 3.)

Jangan lupa! Umur juga mampengaruhi dari kualitas burung itu sendiri.

Semoga bermanfaat,
Salam damai9

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...