MANFAAT PENGEMBUNAN BUAT PLECI

damai– Mungkin kita masih ingat masa-masa orang tua kita dulu ketika pada pagi hari ngerek burung kesayangannya “Perkutut” bak pengibaran bendera merah putih saat upacara bendera. Namun saat ini sudah jarang kita temukan kembali rutinitas kegiatan unik yang dilakukan oleh kebanyakan orang jaman sekarang. Hal tersebut dulu dilakukan oleh rata-rata orang yang sudah berusia dewasa sekitar 40-an keatas (usia pada saat itu).

Selayaknya masa dulu, sekarang pun ada beberapa yang memperlakukan burung jenis lain (Pleci) yang seolah-olah sebagaimana yang dilakukan terhadap burung perkutut, seperti tampak pada gambar diatas.

Trik dan cara ini dilakukan pada pagi hari setelah subuh sebelum matahari terbit, dengan tujuan sebagai terapi pengembunan untuk menghirup udara segar di pagi hari dan agar burung pelci berlatih mengeluarkan suara aslinya (ngeplong) seperti yang banyak disampaikan di beberapa sumber di internet.

Apa sih manfaat yang bisa didapat dari proses pengembunan ini ?

Beberapa kalangan kicau mania dan pakar pleci berpendapat, bahwa pada prinsipnya proses pengembunan yang kita lakukan untuk burung terutama burung pleci adalah untuk memberikan kesempatan kepada burung dan burung-burung lain pada pagi hari selayaknya yang biasanya rajin berkicau saat matahari mulai terbit dan di saat itulah burung sedang bersenandung menampakkan keceriannya dengan datangnya kecerahan udara pagi.

Adapun manfaat secara spesifik buat pleci adalah untuk melatih burung agar cepat ngalas/buka paruh sebagaimana yang biasa dikicaukan burung pada saat pagi hari seraya terbitnya matahari. Banyak pakar juga menyarankan, apabila proses pengembunan ini sudah bisa membuat burung pleci bisa ngalas / buka paruh hendaknya dilakukan secara continue (berkelanjutan) hingga burung terbiasa mengeluarkan suara aslinya dengan suara hutan. Proses pengembunan yang kita lakukan akan lebih baik jika kandang kita letakkan pada gantangan yang disekitarnya terdapat pepohonan yang berukuran lumayan besar, tujuannya adalah ketika pada pagi hari tanaman mengeluarkan oksigen (O2) yang memang sangat bermanfaat untuk kebugaran dan kesegaran burung.

Pada saat proses pengembunan sangat disarankan lebih dari 1 kandang, alasannya adalah untuk melatih ketika ada salah satu yang berkicau maka yang lainnyapun biasanya akan ikut berkicau sehingga akan terjadi saling bersautan sata sama lain, pada saat seperti inilah bisa kita pantau sejauh mana perkembangan kualitas burung-burung yang kita miliki.

Demikian dan semoga bermanfaat.
Salam damai9 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...