DARI MANAKAH ASAL CUCAK IJO MINI BODY LEBIH BESAR DAN EKOR LEBIH PANJANG ?

Yang namanya hobi, memang tidak bisa dipungkiri. Bertepatan dengan jam istirahat tiba, segera bergegas meluncur ke pasar burung kebayoran lama sekalipun jaraknya lumayan jauh dari tempat cari nafkah (nguli), ya… kisaran 10 KM-an dah, tetapi kembali lagi namanya juga hobi, ada kesempatan sedikit lansgung saja meluncur untuk mencari target sasaran yang diinginkannya.

Sesampai di pasar burung Kebayoran Lama, tepatnya di kolong, bawah jalan layang (fly over) jurusan Ciledung, pada kesempatan pertama karena memang waktunya tidak sebebas pada hari libur jadi nyari sedapetnya dan kebetulan di stand pedagang burung paling ujung terpampang di bagian atas ada burung berwarna hijau dengan body tidak besar (Cucak Ijo) namun juga tidak terlalu kecil (Ijo Mini) tetapi masih tetap dalam kategori Cucak Ijo Mini "kata Si Penjual", karena dalam pantauan selama ini variasi bunyi dan volumenya sama dengan Ijo Mini.

Kondisi pada saat beli:

Sebagaimana burung di pedagang, kondisinya tidak terlalu rapi karena memang jarang burung dengan kondisi mulus dan bulu rapi, jika ada yang kondisinya rapi mungkin burung baru atau anggaplah keberuntungan ataupun bisa jadi keuletan dan ketelatenan si pedagang dalam merawat setiap harinya.

Kondisi setelah perawatan:

Sejak dari beli hingga saat ini kami rawat alhamdulillah dari tadinya grabakan menjadi lama kelamaan lumayan jinak, makan rakus, kondisi bulu jug rapi, kicauannya rajin, dan kalo pas kebetulan ngeplong juga lumayan keras. 

Burung rakus, jika Ijo Mini diberi jangkrik pada pagi hari paling 3 ekor cukup, namun untuk yang ini dikasih 4 ekor juga masih minta lagi, demikian juga dengan pisang yang diberikan juga 1 buah sehari hampir habis selayaknya Cucak Ijo Besar. Perawatan yang saya lakukan ala perawatan yang dilalukan untuk Cucak Ijo Besar. Namun kembali lagi, Cucak Ijo asal daerah manakah ini, mungkinkah Cucak Ijo yang banyak orang bilang dari Kalimantan ataukah Cucak Ijo banyuwangi yang berukuran kecil ? kurang tahu persis. Tetapi yang pasti variasi suara dan volume hampir sama dengan Cucak Ijo Mini tetapi body dan ukurannya sedikit lebih besar dari Ijo Mini dan porsi makanannya pun lebih banyak dari Ijo Mini.

Memang sih, pengalaman pernah punya CI Mini dulu, body tidak sebesar yang ini bulu ekornya pun tidak sepanjang  bulu ekor yang ini, makanya masih bingung juga Cucak Ijo Manakah ini.

Ketika mencari referensi tentang jenis-jenis Cucak Ijo, sepertinya belum ada yang sesuai dengan kondisi burung CI yang saya miliki ini, tetapi yang penting bisa dinikmati suara ocehannya, sekedar meramaikan sekitar rumah pada saat libur nguli ataupun sepulang dari nguli. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...