CIRI-CIRI CUCAK IJO BANYUWANGI / JEMBER / JAWA TIMUR (CARA MEMBEDAKAN CUCAK IJO JAWA TIMUR DAN KALIMANTAN)

damai– Di kalangan kancah perburungan di Indonesia bagi para kicau mania Cucak Ijo merupakan Top 5 (5 besar) dari berbagai jenis burung yang paling terkenal dan paling banyak digemari saat ini diantara Murai Batu (Medan pada khususnya), Cucak Ijo itu sendiri, Kacer, Jalak Suren, Love Bird jenis tertentu dan Kenari jenis tertentu. Bagi para penghobi dan pakar Cucak Ijo tentunya tidak asing lagi perihal Cucak Ijo yang seperti apakah yang berkualitas dan berasal dari mana Cucak Ijo yang berkualitas tersebut. Banyak diantara pendapat yang menjelaskan bahwa Cucak Ijo yang berkualitas dan memiliki karakter bagus, tahan banting, stamina mantab dan memiliki mental tarung yang OK adalah Cucak Ijo yang berasal dari daerah Jawa Timur yang sering kita dengar dengan sebutan Cuck Ijo Banyu Wangi (BWi) atau Cucak Ijo Jember. Tetapi bagaimana cara mengetahui bahwa itu Cucak Ijo Banyau Wangi / Jember ataukah Cucak Ijo Kalimantan atau Cucak Ijo asal daerah lainnya.

OK! Bagi pakar Cucak Ijo bukan merupakan hal yang susah untuk bisa mengetahui Cucak Ijo Banyu Wangi / Jember atau bukan, tetapi bagi para pemula yang baru menggeluti burung, ataupun pemain burung lama tetapi baru mulai akan mencoba mengenal Cucak Ijo, barangkali masih menjadi hal yang masih perlu belajar banyak untuk memastikan mengerti dan faham dengan Cucak Ijo yang berasal dari Jawa Timur ini.

Seiring dengan ramainya peminat Cucak Ijo yang disebabkan oleh banyaknya Event Organized yang sering mengadakan lomba burung terutama di kelas Cucak Ijo, mengakibatkan tidak sedikit penghobi burung yang turut serta beramai-ramai untuk bisa memiliki Cucak Ijo, namun perlu diwaspadai, ketika kita membeli Cucak Ijo di pasar burung terutama, bisanya penjual main nyebut bahwa burung yang dijual adalah Cucak Ijo Banyu Wangi / Jember, Awas ! janganlah cepat percaya, apalagi sebagaimana artikel yang pernah saya tulis tentang burung Cucak Ijo yang sengaja dicat hitam pada bagian lehernya untuk mengelabuhi pembeli yang seakan-akan Cucak Ijo jantan, padahal hanya sekedar dicat dengan tujuan hanya untuk mendapatkan untuk banyak namun dengan cara yang tidak benar, sekalipun tidak semua penjual burung demikian, dan terkadang sekalipun burung Cucak Ijo yang dijual yang sebenarnya bukan berasal dari Jawa Timur atau bukanlah Cucak Ijo Banyu Wangi, bilangnya Cucak Ijo Banyu Wangi agar pembeli tergiur dan membelinya.  

Untuk itu ada beberapa ciri-ciri yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk mengetahui Cucak Ijo Banyu Wangi/Jember atau bukan. Menururt pakar Cucak Ijo yang kami share dari www.omkicau.com menjelaskan bahwa Cucak Ijo secara pasti bisa diketahui ketika sudah berusia dewasa. Adapun cirri-ciri Cucak Ijo Banyu Wangi/Jember  atau Jawa Timur adalah sebagai beikut:

1.  Postur tubuh lebih panjang dan tubuh akan melengkung
2.  Tidak semua Cucak Ijo Banyu Wangi/Jember  atau Jawa Timur bertubuh besar, karena ada juga yang berukuran sedang namun tetap panjang
3.  Saat ngentrok / mbungkuk jambul njigrak
4.  Warna hijau pada bulu-bulunya terlihat lebih kontras dan tidak kekuningan
5.  Ekor lebih panjang dan jika diamati secara jeli ekor sedikit melengkung dan lebih lentur
6.  Apabila berkicau tidak pada saat lomba / diadu, nada dan lagunya kurang bervariasi dan kurang keras
7.  Jika burung berumur yang ditandai dengan kaki sudah bersisik, maka secara fisik biasanya Cucak Ijo Jatim lebih besar.

Dan untuk Cucak Ijo yang bukan Jawa Timur maka secara otomatis tidak meiliki ciri-ciri sebagaimana yang dijelaskan di atas.

Demikian dan semoga bermanfaat

Salam
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...