CARA MENGATASI LOVEBIRD JANTAN OVER BIRAHI / GESTANG (GESEK TANGKRINGAN)

damai-9. Jika pada artikel sebelumnya yang pernah kami sampaikan yang membahas tentang Ciri-Ciri Lovebird Over Birahi secara umum dalam artian untuk segala jenis kelamin baik jantan maupun betina, untuk kali ini akan lebih fokus pada Lovebird jantan yang Over birahi atau lebih sering kita dengar dan lihat sendiri dan sering disebut dengan istilah Gestag (Gesek Tangkringan).


Ciri-Ciri Lovebird yang mengalami Over Birahi sebagaimana yang pernah disampaikan seperti; Perilaku unik yang sering dilakukan seperti menggesek-gesekkan “Miliknya” pada tangkringan (gestang), burung lebih galak dari biasanya, burung suka mencabuti bulu-bulunya, terus burung tidak mau bunyi dan lain sebagainaya. Hal itu semua harus diatasi dengan segara. Karena menurut beberapa sumber yang disebutkan, apabila kondisi over birahi tidak segera ditangani akan mengakibatkan bisa menularkan kebiasaan aneh dan uniknya tersebut kepada LB lain jika LB yang sedang OB tersebut dimasukkan dalam kandang koloni karena dapat mengganggu pasangan lainnya, sehingga bisa mengakibatkan terhambatnya proses breeding yang dilakukan.   

Sebenarnya tidak jauh berbeda  dengan apa yang pernah disampaikan mengenai Cara Mengatasi LB yang sedang Over Birahi (OB), sebagaimana yang tertulis di bawah ini, namun ada tambahan sedikit pada point ke 4.
  1. Faktor utama yang sering menentukan adalah dari segi pola makanan yang diberikan, dalam hal ini beberapa makanan yang dianjurkan jangan diberikan terlebih dahulu pada LB saat mengalamai OB, diantaranya adalah Kangkung, Jagung Muda, Kwaci, untuk 3 jenis makanan ini hendaknya diberhentikan pemberiannya pada LB yang sedang mengalami OB, cukup berikan saja milet seperti biasanya.
  2. Lebih sering dimandikan dengan waktu dan durasi lebih lama.
  3. Memasukkan dan menggabungkan burung pada kandang koloni akan lebih tepat dilakukan untuk mengurangi kondisi birahi dan bisa menstabilkan kondisi birahinya tersebut.
  4. Selain ke 3 cara yang dilakukan diatas, cara yang ke 4 adalah, apablia keberadaan burung dalam kondang kapsul (solitaire), untuk menhindari “gestang” maka coba ambil tangkringan yang ada untuk menjauhkan dari perlakuan kebiasannya tersebut, dengan demikian akan bisa mengurangi perlakuan gestang yang dialaminya.

Sebagai tambahan, pada saat menjemur LB jangan sampai terkena matahari secara langsung, kerena akan berakibat dapat meningkatkan birahi pada LB, sementara di sisi lain kita sedang memproses agar LB terlepas dari over birahi.

Demikian dan semoga bermanfaat. Salam Damai9.com 

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...